Minggu, 18 Maret 2012

Tugas Perilaku Keorganisasian

ORGANISASI

Organisasi  adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Ciri - ciri keorganisasian : 
a. Terdiri atas banyak orang
b. Ada tujuannya
c. Ada Interaksinya
d. Ada batasannya

Contoh dari keorganisasian, misalnya :
Di Indonesia banyak sekali bentuk - bentuk dari keorganisasian seperti organisasi politik, organisasi sosial, organisasi olahraga, organisasi mahasiswa, organisasi sekolah, dan organisasi negara.
Pada pembahasan kali ini, saya ingin memuat contoh dalam organisasi sekolah, sesuai dari pengalaman saya saat masih SMA dulu. Pada setiap sekolah pasti ada organisasi sekolah nya masing - masing yaitu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Di dalam OSIS itu terdiri dari beberapa jabatan-jabatan. Dan saya sendiri kebetulan berjabat sebagai sekretaris bidang teater (Sekbid Teater) di SMA Negeri 30 jakarta pada periode 2008-2009. Di Ekstra kurikuler (Ekskul) teater tersebut saya juga kebetulan menjabat sebagai ketua pada periode 2008-2009. Pada organisasi teater juga terdiri dari beberapa jabatan, Pembina (pengajar), ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan anggota. Pembina bertugas untuk mengajar di ekskul teater dan juga untuk mengawasi anak-anak didiknya agar berjalannya kegiatan ekskul teater tersebut dengan sebaik mungkin, biasanya pembina teater tersebut adalah guru dibidang kesenian ataupun alumni dari teater sekolah tersebut. Sedangkan ketua teater bertugas untuk memimpin dan mengorganisir anggota-anggotanya (teman-temannya) agar kegiatan ekskul teater disekolah bisa berjalan sesuai rencana dan berjalan dengan baik, ketua juga bertanggung jawab kepada pembina atas kegiatan ekskul yang sedang berlangsung disekolah. Wakil ketua bertugas membantu ketua dalam melaksanakan kegiatan ekskul teater tersebut dan bertanggung jawab kepada pembina dan ketua. Sekretaris bertugas mengatur jadwal latihan ekskul teater dan membuat laporan kegiatan ekskul teater setiap pertemuan, sekretaris juga bertanggung jawab kepada ketua dan pembina Bendahara bertugas mengatur keuangan di dalam ekskul teater tersebut, bendahara bertugas menyimapan dan mengatur pemasukan dan pengeluaran setiap minggunya atau setiap kali pertemuan dan bertanggung jawab melaporkan ke pembina, ketua dan seluruh anggota.
Pada waktu periode saya menjabat sebagai ketua, anggota ekskul teater berjumlah sekitar 60 orang, terdiri dari kelas 1 sampai kelas 3. Tapi terkadang yang aktif datang setiap minggunya untuk latihan hanya setengahnya, mereka biasa hadir semua pada saat ada latihan untuk pementasan sekolah atau lomba di luar saja. Karena anak-anak kelas 3 tidak terlalu diwajibkan untuk ikut ekskul karena mereka harus lebih konsen ke Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.
Tujuan diadakannya organisasi atau ekskul teater di sekolah saya adalah untuk mengembangkan lagi bakat-bakat para siswa dan siswi di bidang seni terutama pada teater dan puisi. Membuat kegiatan-kegiatan positif disekolah, mengajarkan siswa untuk bisa berorganisasi dan bersosialisasi dengan masyarakat baik dari dalam lingkungan sekolah ataupun dari luar lingkungan sekolah.
Didalam ekskul teater ini juga terjalin interaksi antara satu dengan yang lainnya. Saling berkomunikasi dengan baik. misalnya saja interaksi antara pembina kepada para anak-anak muridnya saat latihan, ketua kepada pada seluruh pengurus dan anggotanya saat sedang rapat atau diskusi.
Didalam organisasi atau ekskul teater ini juga terdapat batasan-batasannya. Dimana tugas dan tanggung jawab pada setiap pengurus dan anggotanya berbeda beda, kegiatan-kegiatan yang dilakukan juga memiliki batasannya, kegiatan dibatasi dari sekolah, kegiatan yang dilakukan harus berdasarkan izin dari sekolah, karena masih berada dalam pengawasan sekolah. Organisasi atau ekskul teater tersebut bebas berkarya asal positif dan tidak mengganggu kegiatan belajar disekolah.

PERILAKU INDIVIDU

adalah suatu fungsi antar interaksi dengan sesama anggotanya

Dasar - dasar peilaku individu
a. karakteristik biografis (umur, jenis kelamin)
b. kemampuan
  • kemampuan intelektual. merupakan kemampuan yang diperlukan untuk mengerjakan kegiatan mental. misalnya : berpikir,menganalisis, memahami. yang mana dapat diukur dalam berbrntuk tes (tes IQ). Dan setiap orang punya kemampuan yang berbeda.
  • kemampuan fisik. merupakan kemampuan yang diperlukan untuk melakukan tugas yang menuntut stamina, kecekatan dan kekuatan.
c. kepribadian (sifat seseorang yang konstan)
merupakan cara individu bereaksi dan berinteraksi dengan orang lain. kepribadian terbentuk dari faktor keturunan, juga lingkungan (budaya, norma keluarga dan pengaruh lainnya), dan juga situasi.

ciri dari kepribadian adalah :
merupakan karakteristik yang bertahan, yang membedakan perilaku seorang individu, seperti sifat malu, agresif, mengalah, malas, ambisius, setia.

d.
proses belajar (pembelajaran/belajar dari pengalaman)
adalah bagaimana kita dapat menjelaskan dan meramalkan perilaku, dan pahami bagaimana orang belajar.
belajar adalah : setiap perubahan yang relatif permanen dari perilaku yang terjadi sebagai hasil pengalaman.

 INTERPERSONAL
adalah kegiatan antara satu sama lain dari hati ke hati atau secara kekeluargaan
   
Nama : Gita Rachmawati
NPM  : 13210024
Kelas  : 2EA17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar