Didalam jaman yang
penuh dengan perubahan ini satu-satunya hal yang akan pasti terjadi adalah
perubahan itu sendiri. Bagi perusahaan, perusahaan lingkungan ini dapat
merupakan tantangan-tantangan baru yang memerlukan tanggapan dan cara
penyelesaian yang baru pula, atau sebaliknya merupakan peluang untuk mengembangkan usahanya. Tugas utama
perusahaan adalah mempelajari kebututuhan dan keinginan dari pasar sasaran
kemudian berupaya memenuhinya dengan lebih efektif dan efesien daripada
pesaing.
PT. Aqua Golden
Mississippi ( AGM ) didirikan oleh Tirto Utomo tahun 1973, dimana perusahaan
ini bergerak dibidang penjualan air minum kemasan dalam botol. Pada tahun 1985, diperkenalkan air minum
kemasan kecil ukuran 200 ml, yang memungkinkan orang dapat minum air bersih
dengan harga yang tidak terlalu mahal. Pada tahun 1987, Aqua menggunakan
kemasan dari Polyethylene Terephthalate ( PET ) yang jauh lebih unggul dari
PVC. Aqua berasal dari bahasa Latin yang artinya air, dimana pada awalnya di
jual untuk orang asing, tetapi kemudian Tirto Utomo melihat pasar masyarakat
Indonesia juga memiliki potensi, sehingga dia menjual air kemasan botol ukuran
kecil dan ditempatkan di terminal-terminal bus di Jakarta dan sekitarnya, serta
sepanjang jalan pantura Jawa Tengah.
PT. Ades Waters
Indonesia Tbk, didirikan dengan nama PT Alfindo Putrasetia di tahun 1985. Berdasarkan
Anggaran Dasar Perusahaan, Ruang Lingkup Kegiatan Perusahaan adalah pengelohan
dan distribusi air minum dalam kemasan. Pergantian nama dilakukan untuk
menghindari keidentikan dengan produk yang dihasilkannya mereka mempunyai
multiproduk, bukan hanya air mineral Ades.
Pada tahun 90-an, PT.SINAR
SOSRO akhirnya memproduksi air minum dalam kemasan. Merknya pada saat pertama
kali dikeluarkan adalah Air SOSRO. Pada Tahun 1999, Air SOSRO berganti nama
dengan Prim-A. Air minum Prim-A hadir dalam kemasan cup 240ml, botol plastik
330ml, 600ml dan 1.5 liter, dan dalam kemasan galon.
Dari ketiga perusahaan
tersebut dinyatakan bahwa ke tiganya berpotensi didalam produk air minum, ke
tiga nya juga memiliki kelebihan masing dan sudah memiliki konsumennya
masing-masing. Tapi produk yang sangat paling unggul dari ke tiga produk
tersebut adalah air minum Aqua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar