Minggu, 21 Oktober 2012

Analisis perilaku konsumen pada air mineral

Didalam jaman yang penuh dengan perubahan ini satu-satunya hal yang akan pasti terjadi adalah perubahan itu sendiri. Bagi perusahaan, perusahaan lingkungan ini dapat merupakan tantangan-tantangan baru yang memerlukan tanggapan dan cara penyelesaian yang baru pula, atau sebaliknya merupakan peluang    untuk mengembangkan usahanya. Tugas utama perusahaan adalah mempelajari kebututuhan dan keinginan dari pasar sasaran kemudian berupaya memenuhinya dengan lebih efektif dan efesien daripada pesaing.

PT. Aqua Golden Mississippi ( AGM ) didirikan oleh Tirto Utomo tahun 1973, dimana perusahaan ini bergerak dibidang penjualan air minum kemasan dalam botol.  Pada tahun 1985, diperkenalkan air minum kemasan kecil ukuran 200 ml, yang memungkinkan orang dapat minum air bersih dengan harga yang tidak terlalu mahal. Pada tahun 1987, Aqua menggunakan kemasan dari Polyethylene Terephthalate ( PET ) yang jauh lebih unggul dari PVC. Aqua berasal dari bahasa Latin yang artinya air, dimana pada awalnya di jual untuk orang asing, tetapi kemudian Tirto Utomo melihat pasar masyarakat Indonesia juga memiliki potensi, sehingga dia menjual air kemasan botol ukuran kecil dan ditempatkan di terminal-terminal bus di Jakarta dan sekitarnya, serta sepanjang jalan pantura Jawa Tengah.

PT. Ades Waters Indonesia Tbk, didirikan dengan nama PT Alfindo Putrasetia di tahun 1985. Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, Ruang Lingkup Kegiatan Perusahaan adalah pengelohan dan distribusi air minum dalam kemasan. Pergantian nama dilakukan untuk menghindari keidentikan dengan produk yang dihasilkannya mereka mempunyai multiproduk, bukan hanya air mineral Ades.

Pada tahun 90-an, PT.SINAR SOSRO akhirnya memproduksi air minum dalam kemasan. Merknya pada saat pertama kali dikeluarkan adalah Air SOSRO. Pada Tahun 1999, Air SOSRO berganti nama dengan Prim-A. Air minum Prim-A hadir dalam kemasan cup 240ml, botol plastik 330ml, 600ml dan 1.5 liter, dan dalam kemasan galon.

Dari ketiga perusahaan tersebut dinyatakan bahwa ke tiganya berpotensi didalam produk air minum, ke tiga nya juga memiliki kelebihan masing dan sudah memiliki konsumennya masing-masing. Tapi produk yang sangat paling unggul dari ke tiga produk tersebut adalah air minum Aqua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar