SOSRO merupakan pelopor produk teh siap minum dalam kemasan
yang pertama di Indonesia. Nama SOSRO diambil dari nama keluarga pendirinya
yakni SOSRODJOJO. Tahun 1940, Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di sebuah
kota kecil bernama Slawi di Jawa Tengah. Pada saat memulai bisnisnya, produk
yang dijual adalah teh kering dengan merek Teh Cap Botol dimana daerah
penyebarannya masih di seputar wilayah Jawa Tengah. Tahun 1953, Keluarga
Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibukota Jakarta untuk
memperkenalkan produk Teh Cap Botol yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa
Tengah. Perjalanan memperkenalkan produk Teh Cap Botol ini dimulai dengan
melakukan strategi CICIP RASA (product sampling) ke beberapa pasar di kota
Jakarta. Pada tahun 1969 muncul gagasan untuk menjual teh siap minum (ready to
drink tea) dalam kemasan botol, dan pada tahun 1974 didirikan PT SINAR SOSRO
yang merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di
Indonesia dan di dunia.
Setelah sukses dengan produk teh nya, PT Sinar Sosro
berupaya untuk membuat produk baru diluar produk teh. PT Sinar Sosro akhirnya
mencoba untuk memproduksi air mineral. Pada tahun 90-an, PT.SINAR SOSRO
akhirnya memproduksi air minum dalam kemasan. Merknya pada saat pertama kali
dikeluarkan adalah Air SOSRO. Pada Tahun 1999, Air SOSRO berganti nama dengan
Prim-A. Air minum Prim-A hadir dalam kemasan cup 240ml, botol plastik 330ml,
600ml dan 1.5 liter, dan dalam kemasan galon. Pada saat ini, air mineral Prim-A
sudah mulai banyak dipasaran. Produknya sudah dapat ditemui di toko-toko kecil,
pedagang keliling, minimarket dan bahkan supermarket. Harganya pun cukup
bersaing dengan air mineral lainnya walaupun memang tidak seterkenal merk –
merk pendahulunya tapi produk air mineral ini cukup diminati oleh masyarakat.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar