Minggu, 21 Oktober 2012

BAB 1

Latar belakang masalah

Di Indonesia, banyak penduduk yang masih tergantung pada air mineral, masih banyak tersebar diseluruh pelosok. Bahkan diantara mereka ada juga yang menggunakan air yang kurang berkualitas. Hal ini mereka lakukan karena terbatasnya pengetahuan dan sarana yang ada disekitar mereka. Saat ini, dikota-kota besar nama – nama air mineral seperti Aqua, Ades dan Prim-A telah terasa begitu akrab dengan masyarakat. Mereka dapat memilih air mineral mana yang ingin mereka beli untuk menghilangkan rasa haus dahaga.adanya kebebasan memilih merk – merk tersebut segera disadari oleh perusahaan – perusahaan pembuatnya dan mereka berlomba – lomba untuk menarik minat para konsumen. Untuk bisa mendapatkan laba dan terus berkembang diantara persaingan yang semakin ketat ini, suatu perusahaan harus mengarahkan segala upaya pemasarannya dengan lebih efektif dan efesien, daripada yang dilakukan pesaingnya. Ini berarti harus mengenal pasar sasarannya dengan lebih baik lagi, karena karakteristik pasar sasarannya yaitu yang menyangkut perilaku konsumen akan sangat menentukan strategi – strategi yang hendak dikembangkan oleh perusahaan.

Perumusan Masalah

Motif dan perilku konsumen dalam suatu pasar tertentu memang berbeda – beda, tetapi setidaknya kita bisa menemukan barang yang sama dari perilaku yang berbeda – beda tersebut. Dari ke tiga perusahaan yang saya analisis, terdapat pertanyaan – pertanyaan berikut ini :

  1. Mengapa konsumen membeli air mineral tertentu?
  2. Dimana konsumen membeli dan bagaimana konsumen membelinya?
  3. Mengapa air mineral Aqua lebih banyak peminatnya dibandingkan dengan air mineral Ades dan air mineral Prim-A?

 Menurut penelitian yang telah saya amati dari beberapa sumber yang terpercaya, atas permasalahan di atas saya dapat simpulkan sebagai berikut  :  
  1. Pengambilan keputusan dalam hal pembelian sepenuhnya dipegang oleh konsumen. Dana dalam pengambilan keputusan pembelian, konsumen dapat dipengaruhi oleh hal – hal sekitarnya. Perilaku membeli konsumen sangat dipengaruhi pada faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis dari pembeli.
  2. Pada bagian ini diketahui bahwa tiap – tiap konsumen mempunyai pilihan yang berbeda dalam hal menentukian tempat berbelanja. Konsumen biasa membeli air mineral di warung, pasar, terminal bus, mini market, dan supermarket. Konsumen membeli air mineral saat mereka merasa haus dahaga.
  3. Air mineral Aqua ternyata lebih diminati karena Aqua memang terfokus untuk memproduksi air mineral saja, beda bila dibandingkan dengan Prim-A karena perusahaan tersebut sebenernya lebih terfokus pada produk teh nya dibandingkan dengan produk air mineralnya, sedangkan dibandingkan dengan Ades, Aqua lebih unggul dalam segi pemasarannya yang luas.

Dalam analisis ini, saya memilih tema “Analisis perilaku konsumen pada air mineral”. Melalui penelitian perilaku konsumen perusahaan akan dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen karena reaksi konsumen sangat berpengaruh pada perkembangan suatu produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar