PT. Aqua Golden Mississippi ( AGM ) didirikan
oleh Tirto Utomo tahun 1973, dimana perusahaan ini bergerak dibidang penjualan
air minum kemasan dalam botol. Pada awalnya market AGM adalah orang-orang asing
yang ada di Indonesia, karena mereka yakin air kemasan lebih steril dan aman
daripada air tanah dan air PDAM. Dengan mendirikan pabrik air minuman dengan
mesin yang canggih di Bekasi, sehingga orang asing lebih percaya dengan minuman
air kemasan ini. Pada tahun 1985, diperkenalkan air minum kemasan kecil ukuran
200 ml, yang memungkinkan orang dapat minum air bersih dengan harga yang tidak
terlalu mahal. Pada tahun 1987, Aqua menggunakan kemasan dari Polyethylene
Terephthalate ( PET ) yang jauh lebih unggul dari PVC. Aqua berasal dari bahasa
Latin yang artinya air, dimana pada awalnya di jual untuk orang asing, tetapi
kemudian Tirto Utomo melihat pasar masyarakat Indonesia juga memiliki potensi,
sehingga dia menjual air kemasan botol ukuran kecil dan ditempatkan di
terminal-terminal bus di Jakarta dan sekitarnya, serta sepanjang jalan pantura
Jawa Tengah. Hal ini ternyata sukses, membuat Aqua diminati oleh para
supir-supir bus dan penumpang, serta masyarakat lainnya. Hal ini menunjukkan,
bahwa masyarakat Indonesia sangat membutuhkan air mineral botol yang bersih. Sumber
Aqua adalah air pegunungan, sehingga pabriknya didirikan di dekat atau kaki
bukit gunung, karena air gunung menghasilkan air yang jernih dan bersih,
kemudian diolah kembali oleh pabrik agar dapat lebih sterilisasi. Untuk
pengontrolan mutu produksi, AGM memiliki laboratorium yang modern dan memiliki
staf peneliti yang terdiri dari ahli mikrobiologi, kimia dan fisika. Aqua telah
diterima oleh WHO dan terdaftar di U.S Food and Drug Administration,
Environmental Protection Agency dan International Bottled Water Organization. Air
minum Aqua hadir dalam kemasan cup 240ml, botol plastik 330ml, 600ml dan 1.5
liter, dan dalam kemasan galon.
Strategi Pemasaran :
- Dengan slogan awal bersih, bening dan bebas bakteri dan tahun 1979, Tirto Utomo mengubah slogan menjadi air sehat setiap saat dan mendongkrak penjualan menjadi 13 juta liter pada tahun 1983.
- Menggunakan semua media untuk iklan, seperti bus,taksi, televisi, radio, surat kabar dan majalah dan juga aktif dalam mensponsori kegiatan baik itu berhubungan dengan olah raga atau tidak.
- Service atau pelayanan adalah hal yang sangat penting dalam bisnis air minum, sehingga pelayanan seluruh Indonesia dilakukan oleh perusahaan-perusahaan distribusi Aqua dengan nama PT. Wirabuana Intrent, sehingga pelayanan dapat dilakukan di seluruh Indonesia.
- Untuk mengurangi biaya produksi dan mempermudah jaringan pemasaran dibangun pabrik yang ada di Menado dan Medan yang di lisensikan sesuai spesifikasi Aqua. Kemudian didirikan pabrik kecil di Brunei Darusalam dengan menggunakan nama/merek SEHAT. Dan renacananya akan didirikan pabrik yang lain di Filipina dan Vietnam.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar