Minggu, 25 November 2012

Analisis Jurnal 2


Tema : Strategi Pemasaran

Pengarang : Titi Ubudiyah/ 31299906

Judul : “Strategi Pemasaran PT. Arizona Dalam Usaha Meningkatkan Penjualan Produk  Sandal”
Penulisan Ilmiah, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2003.
Kata kunci: Strategi pemasaran dan tingkat penjualan PT. Arizona.
                                          
Abstrak           
Dalam memasarkan produk sandal khususnya sandal imitasi dan sandal kulit, PT. Arizona menerapkan strategi-strategi pemasaran yang digunakan sebagai berikut yaitu strategi produk, strategi penetapan harga, strategi saluran distribusi dan strategi promosi. Selain dapat mengetahui strategi pemasaran yang dipakai, penulis juga dapat mengetahui tingkat penjualan produk sandal yang diperoleh PT. Arizona mulai tahun 1998 sampai dengan tahun 2002. Pada pertengahan tahun 1999 sampai dengan tahun 2002 hasil penjualan produk sandal meningkat secara bertahap, sebab pada tahun 1998 PT. Arizona terkena dampak krisis ekonomi yang melanda Indonesia.  
Daftar Pustaka (1985 s/d 1996)

Latar Belakang Masalah

Perkembangan industri sandal dalam memproduksi sandal imitasi dan sandal kulit pada saat sekarang ini memang cukup pesat, sebab manusia di dunia membutuhkan sandal. Baik itu untuk melindungi diri dari debu, kotoran maupun sebagai prestise pribadi. Hal ini akan menyebabkan adanya persaingan sesama perusahaan sandal. Ini terbukti dengan semakin banyaknya departemen-departemen strore di Jakarta maupun di daerah-daerah lain di Indonesia. Dan mereka sama-sama ingin memberikan yang terbaik. Dan masing-masing mempunyai keunggulan dalam produknya.

Dengan keadaan pasar yang semakin dibanjiri oleh bermacam-macam produk, maka bisa menimbulkan pengaruh tersendiri bagi konsumen, terutama dalam melaksanakan pembeliannya. Yaitu adanya kecenderungan untuk bersikap lebih hati-hati dalam memilih suatu barang. Hal tersebut di atas akan mendorong para pengusaha untuk dapat lebih meningkatkan kualitas suatu produknya.

Dalam kenyataan yang demikian, dapat dikatakan bahwa perusahaan yang dapat bertahan adalah perusahaan yang berhasil mendapatkan pembeli. Dan untuk mendapatkan para pembeli, sangat diperlukan bagi perusahaan dalam melakukan strategi pemasaran yang sangat efektif. Sehingga apabila strategi pemasaran tersebut dapat diterapkan dengan baik oleh perusahaan, maka selain akan lebih mempercepat pengembalian dana atau modal yang telah dikeluarkan oleh perusahaan, dan dengan keuntungan yang harus didapat, akan memberikan harapan yang besar pula untuk mengadakan peningkatan dalam usaha memajukan perusahaan, atau setidaknya dapat mengatasi persaingan yang ada. Sehingga nyatalah bahwa penerapan strategi pemasaran sangat penting dalam pemasaran suatu perusahaan secara keseluruhan.

Dengan dasar alasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penulisan ilmiah dengan judul “STRATEGI PEMASARAN PT. ARIZONA DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK SANDAL”.

Rumusan Masalah
Dalam penulisan ini, penulis ingin memberikan pokok permasalahan yang akan dibahas yaitu mengenai bagaimanakah penerapan strategi pemasaran yang digunakan PT. Arizona dalam usaha meningkatkan penjualan produk sandal.

Batasan Masalah
Dalam hal ini, penulis akan memberikan batasan masalah hanya pada bagaimana penerapan strategi pemasaran yang digunakan PT. Arizona dalam usaha meningkatkan penjualan produk sandal. Ada pun data yang disajikan yaitu data hasil pejualan PT. Arizona pada tahun 1998 sampai dengan tahun 2002.

Tujuan Penulisan
Adapun maksud penulis mengambil judul di atas adalah bertujuan sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran yang digunakan PT. Arizona dalam usaha meningkatkan penjualan produk sandal.
  2. Untuk mengetahui tingkat penjualan yang dicapai PT. Arizona selama tahun 1998 sampai dengan tahun 2002.
Metodologi Penulisan

Dalam rangka menyusun penulisan ilmiah, data yang penulis perlukan diperoleh dengan cara atau metode sebagai berikut:
  1. Studi Lapangan
a.       Interview
            Yakni dengan mengadakan tanya jawab langsung kepada beberapa karyawan dan manajer yang ada hubungannya dengan oyek penulisan ilmiah ini.
b.      Observasi
Yakni mengadakan penelitian dengan cara pengamatan langsung terhadap aktivitas perusahaan.
  1. Studi Pustaka
Yaitu pengumpulan teori-teori dari buku-buku sebagai literatur yang relevan dengan penulisan ilmiah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar