Tema : Strategi Pemasaran
Pengarang : Titi Ubudiyah/ 31299906
Judul : “Strategi Pemasaran PT. Arizona
Dalam Usaha Meningkatkan Penjualan Produk Sandal”
Penulisan
Ilmiah, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2003.
Kata
kunci: Strategi pemasaran dan tingkat penjualan PT. Arizona.
Abstrak
Dalam memasarkan produk sandal
khususnya sandal imitasi dan sandal kulit, PT. Arizona menerapkan
strategi-strategi pemasaran yang digunakan sebagai berikut yaitu strategi
produk, strategi penetapan harga, strategi saluran distribusi dan strategi
promosi. Selain dapat mengetahui strategi pemasaran yang dipakai, penulis juga
dapat mengetahui tingkat penjualan produk sandal yang diperoleh PT. Arizona
mulai tahun 1998 sampai dengan tahun 2002. Pada pertengahan tahun 1999 sampai
dengan tahun 2002 hasil penjualan produk sandal meningkat secara bertahap,
sebab pada tahun 1998 PT. Arizona terkena dampak krisis ekonomi yang melanda
Indonesia.
Daftar
Pustaka (1985 s/d 1996)
Latar Belakang Masalah
Perkembangan industri sandal dalam memproduksi
sandal imitasi dan sandal kulit pada saat sekarang ini memang cukup pesat,
sebab manusia di dunia membutuhkan sandal. Baik itu untuk melindungi diri dari
debu, kotoran maupun sebagai prestise pribadi. Hal ini akan menyebabkan adanya
persaingan sesama perusahaan sandal. Ini terbukti dengan semakin banyaknya
departemen-departemen strore di Jakarta maupun di daerah-daerah lain di
Indonesia. Dan mereka sama-sama ingin memberikan yang terbaik. Dan
masing-masing mempunyai keunggulan dalam produknya.
Dengan keadaan pasar yang semakin dibanjiri oleh
bermacam-macam produk, maka bisa menimbulkan pengaruh tersendiri bagi konsumen,
terutama dalam melaksanakan pembeliannya. Yaitu adanya kecenderungan untuk
bersikap lebih hati-hati dalam memilih suatu barang. Hal tersebut di atas akan
mendorong para pengusaha untuk dapat lebih meningkatkan kualitas suatu
produknya.
Dalam kenyataan yang demikian, dapat dikatakan bahwa
perusahaan yang dapat bertahan adalah perusahaan yang berhasil mendapatkan
pembeli. Dan untuk mendapatkan para pembeli, sangat diperlukan bagi perusahaan
dalam melakukan strategi pemasaran yang sangat efektif. Sehingga apabila
strategi pemasaran tersebut dapat diterapkan dengan baik oleh perusahaan, maka
selain akan lebih mempercepat pengembalian dana atau modal yang telah
dikeluarkan oleh perusahaan, dan dengan keuntungan yang harus didapat, akan
memberikan harapan yang besar pula untuk mengadakan peningkatan dalam usaha
memajukan perusahaan, atau setidaknya dapat mengatasi persaingan yang ada.
Sehingga nyatalah bahwa penerapan strategi pemasaran sangat penting dalam
pemasaran suatu perusahaan secara keseluruhan.
Dengan dasar alasan tersebut, penulis tertarik untuk
melakukan penulisan ilmiah dengan judul “STRATEGI PEMASARAN PT. ARIZONA DALAM
USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK SANDAL”.
Rumusan
Masalah
Dalam penulisan ini, penulis ingin memberikan pokok
permasalahan yang akan dibahas yaitu mengenai bagaimanakah penerapan strategi
pemasaran yang digunakan PT. Arizona dalam usaha meningkatkan penjualan produk
sandal.
Batasan Masalah
Dalam hal ini, penulis akan memberikan batasan
masalah hanya pada bagaimana penerapan strategi pemasaran yang digunakan PT.
Arizona dalam usaha meningkatkan penjualan produk sandal. Ada pun data yang
disajikan yaitu data hasil pejualan PT. Arizona pada tahun 1998 sampai dengan
tahun 2002.
Tujuan Penulisan
Adapun maksud penulis mengambil judul di atas adalah
bertujuan sebagai berikut:
- Untuk
mengetahui penerapan strategi pemasaran yang digunakan PT. Arizona dalam
usaha meningkatkan penjualan produk sandal.
- Untuk
mengetahui tingkat penjualan yang dicapai PT. Arizona selama tahun 1998
sampai dengan tahun 2002.
Metodologi Penulisan
Dalam rangka menyusun penulisan ilmiah, data yang
penulis perlukan diperoleh dengan cara atau metode sebagai berikut:
- Studi
Lapangan
a.
Interview
Yakni dengan mengadakan tanya jawab
langsung kepada beberapa karyawan dan manajer yang ada hubungannya dengan oyek
penulisan ilmiah ini.
b.
Observasi
Yakni mengadakan penelitian dengan cara pengamatan
langsung terhadap aktivitas perusahaan.
- Studi
Pustaka
Yaitu pengumpulan teori-teori dari buku-buku sebagai
literatur yang relevan dengan penulisan ilmiah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar