TEMA : Strategi Pemasaran
Pengarang: Anjar Sutono. 10299184
Judul : "Strategi Pemasaran dalam Usaha Meningkatkan
Volume Penjualan PT.Columbia"
PI.
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma,2003
Kata
Kunci : Strategi Pemasaran, Volume Penjualan
Abstrak
Secara
umum tujuan dari suatu perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang maksimum
sehingga perusahaan dapat terus berkembang. Penerapan strategi pemasaran dalam
perusahaan sangat berpengaruh dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan, sebab
dalam penerapanya posisi perusahaan dipasar potensial sangat dipengaruhi oleh
berhasil atau tidaknya strategi pemasaran yang digunakan. Hal ini juga
merupakan sumber dana bagi kelangsungan hidup perusahaan untuk terus berkembang
baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Guna mencapai tujuan tersebut perlu
melaksanaan kegiatan pemasaran yang efektif dan efisien. Melalui penerapan
strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh perusahaan melalui strategi produk,
harga, distribusi dan promosi. Oleh karena itu perusahaan harus tahu bagaimana
dan berapa banyak produk yang dijual agar memperoleh keuntungan yang maksimal
dari hasil penjualanya,karena apabila suatu perusahaan akan menjual produknya
kepada konsumen tampa
memperkirakan jumlah produk yang dijual dan memperkirakan laba yang akan
diterima maka hasil yang ingin dicapai belum tentu maksimal. PT.Columbia yang
dibatasi pada masalah volume penjualan dan perhitungan sewa beli, adapun metode
yang digunakan untuk memperoleh data
yaitu Field Reseach dan Library Reseach.
Daftar
Pustaka ( 1979 – 1997 )
Latar Belakang Masalah
Sekarang
ini banyak perusahaan saling berlomba untuk mendapatkan konsumen agar membeli produk yang
dihasilkan..Perusahaan yang tidak mencapai sasaranya banyak disebabkan oleh
kurang tepatnya strategi pemasaran yang digunakanya.
Berhasil
atau tidaknya perusahaan sangat ditentukan bagaimana cara yang dikembangkan
oleh perusahaan untuk dapat bersaing dalam merebut konsumen dalam penerapan
strategi pemasaran yang efektif. Apabila strategi yang tidak dapat dilaksanakan
dengan baik maka pelaksanaan yang baik pun tidak memberikan hasil yang
memuaskan seperti yang kita harapkan.
Penentuan
strategi ini sangat erat hubunganya dengan tujuan yang telah ditentukan oleh
perusahaan serta sangat menentukan dalam pemilihan taktik yang digunakan untuk
melaksanakan strategi pemasaran tersebut agar tujuan perusahaan tercapai.
Secara
umum tujuan dari perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang maksimum sehingga
perusahaan dapat terus berkembang. Pernerapan strategi pemasaran dalam perusahaan
sangat berpengaruh dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan, sebab dalam
penerapanya posisi perusahaan dipasar potensial sangat dipengaruhi oleh
berhasil atau tidaknya strategi pemasaran yang digunakan. Hal ini juga
merupakan sumber dana bagi kelangsungan hidup perusahaan untuk terus berkembang
baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Perusahaan
yang bermutu tinggi dengan harga yang sama dengan pesaingnya tidak diragukan
lagi untuk mengalahkan pesaingnya yang kurang berorientasi pada pelayanan. Bila
perusahaan jasa tersebut mengalami perubahaan di bidang harga maka secara
langsung perusahaan tersebut memberitahukan perubahaan itu kepada
klien-klienya.
Berdasarkan hal tersebut diatas
maka penulis ingin mengetahui lebih lanjut sejauh mana strategi pemasaran dalam
meningkatkan dan memajukan usaha khusunya pada PT.COLUMBIA yang kan dibahas dalam bentuk
penulisan ilmiah dengan judul :
“
STRATEGI PEMASARAN DALAM USAHA
MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN
PT.COLUMBIA”
Rumusan
Masalah
Bahwa strategi
pemasaran suatu perusahaan perlu dikaji mengingat masalah
perusahaan sangat menentukan kelangsungan perusahaan yaitu:
1. Bagaimana strategi pemasaran yang
dilaksanakan oleh PT.COLUMBIA
2. Sejauh manakah peranan
strategi pemasaran terhadap volume penjualan.
Demikianlah penulis menetapkan
perumusan masalah dengan tujuan agar
dalam usaha pemecahannya nanti dapat lebih jelas dan singkat.
Batasan Masalah
Ruang lingkup penelitian penulis
lakukan terbatas dengan menggunakan data
pada tahun 2000. dengan penyajian informasi strategi pemasaran produk
pada PT.COLUMBIA yang meliputi 4P,yaitu: Produk,Harga,Saluran distribusi dan
strategi promosi dalam meningkatkan usahanya.
Tujuan
Penulisan
Tujuan dari penelitian karya ilmiah ini adalah untuk
mengumpulkan data-data sebagai bahan penulisan ilmiah, yaitu :
- Untuk mengetahui strategi pemesaran yang
digunakan PT.COLUMBIA.
- Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan strategi
pemasaran dalam usaha meningkatkan volume penjualan yang diterapkan oleh
PT. COLUMBIA
- Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan
Metode Penulisan
Dalam pengumpulan data untuk
penyusunan penulisan ilmiah penulis menggunakan cara sebagai berikut:
1.
Studi
kepustakaan
Yang meliputi daftar bacaan yang
menjadi sumber inspirasi dalam melakukan penulisan ini. Cara ini dilakukan
dengan tujuan untuk memperdalam teori yang ada kaitanya dengan pokok-pokok pembahasan dan
permasalahan dalam penelitian ini yaitu dengan membaca buku,majalah, dan
sebagainya.
2.
Studi
Lapangan
Dalam hal ini penulis mengadakan
penelitian langsung di PT.COLUMBIA adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan :
a.
Wawancara,ini diperlukan dalam rangka
melengkapi data dengan mengajukan pertanyaan kepada Manajer Pemasaran dan
Karyawan PT.COLUMBIA.
b.
Observasi,yaitu pengamatan secara langsung
untuk melengkapi data yang dibutuhkan terhadap objek penelitian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar