Minggu, 25 November 2012

Analisis Jurnal 3


TEMA : Strategi Pemasaran

Pengarang: Anjar Sutono. 10299184

Judul : "Strategi Pemasaran dalam Usaha Meningkatkan Volume Penjualan PT.Columbia"

PI. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma,2003
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Volume Penjualan

Abstrak
Secara umum tujuan dari suatu perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang maksimum sehingga perusahaan dapat terus berkembang. Penerapan strategi pemasaran dalam perusahaan sangat berpengaruh dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan, sebab dalam penerapanya posisi perusahaan dipasar potensial sangat dipengaruhi oleh berhasil atau tidaknya strategi pemasaran yang digunakan. Hal ini juga merupakan sumber dana bagi kelangsungan hidup perusahaan untuk terus berkembang baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
            Guna mencapai tujuan tersebut perlu melaksanaan kegiatan pemasaran yang efektif dan efisien. Melalui penerapan strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh perusahaan melalui strategi produk, harga, distribusi dan promosi. Oleh karena itu perusahaan harus tahu bagaimana dan berapa banyak produk yang dijual agar memperoleh keuntungan yang maksimal dari hasil penjualanya,karena apabila suatu perusahaan akan menjual produknya kepada konsumen tampa memperkirakan jumlah produk yang dijual dan memperkirakan laba yang akan diterima maka hasil yang ingin dicapai belum tentu maksimal. PT.Columbia yang dibatasi pada masalah volume penjualan dan perhitungan sewa beli, adapun metode yang digunakan untuk memperoleh data  yaitu Field Reseach dan Library Reseach.
Daftar Pustaka ( 1979 – 1997 )


Latar Belakang Masalah

Sekarang ini banyak perusahaan saling berlomba untuk mendapatkan konsumen                   agar membeli produk yang dihasilkan..Perusahaan yang tidak mencapai sasaranya banyak disebabkan oleh kurang tepatnya strategi pemasaran yang digunakanya.
            Berhasil atau tidaknya perusahaan sangat ditentukan bagaimana cara yang dikembangkan oleh perusahaan untuk dapat bersaing dalam merebut konsumen dalam penerapan strategi pemasaran yang efektif. Apabila strategi yang tidak dapat dilaksanakan dengan baik maka pelaksanaan yang baik pun tidak memberikan hasil yang memuaskan seperti yang kita harapkan.
            Penentuan strategi ini sangat erat hubunganya dengan tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan serta sangat menentukan dalam pemilihan taktik yang digunakan untuk melaksanakan strategi pemasaran tersebut agar tujuan perusahaan tercapai.
            Secara umum tujuan dari perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang maksimum sehingga perusahaan dapat terus berkembang. Pernerapan strategi pemasaran dalam perusahaan sangat berpengaruh dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan, sebab dalam penerapanya posisi perusahaan dipasar potensial sangat dipengaruhi oleh berhasil atau tidaknya strategi pemasaran yang digunakan. Hal ini juga merupakan sumber dana bagi kelangsungan hidup perusahaan untuk terus berkembang baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
            Perusahaan yang bermutu tinggi dengan harga yang sama dengan pesaingnya tidak diragukan lagi untuk mengalahkan pesaingnya yang kurang berorientasi pada pelayanan. Bila perusahaan jasa tersebut mengalami perubahaan di bidang harga maka secara langsung perusahaan tersebut memberitahukan perubahaan itu kepada klien-klienya.
Berdasarkan hal tersebut diatas maka penulis ingin mengetahui lebih lanjut sejauh mana strategi pemasaran dalam meningkatkan dan memajukan usaha khusunya pada PT.COLUMBIA yang kan dibahas dalam bentuk penulisan ilmiah dengan judul :
“ STRATEGI PEMASARAN  DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN  PT.COLUMBIA”
Rumusan Masalah
Bahwa strategi pemasaran suatu perusahaan perlu dikaji mengingat       masalah   perusahaan sangat menentukan kelangsungan perusahaan yaitu:

            1. Bagaimana strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh PT.COLUMBIA
            2. Sejauh manakah peranan strategi pemasaran terhadap volume penjualan.
Demikianlah penulis menetapkan perumusan masalah dengan tujuan agar        dalam usaha pemecahannya nanti dapat lebih jelas dan singkat. 

Batasan Masalah
Ruang lingkup penelitian penulis lakukan terbatas dengan menggunakan data  pada tahun 2000. dengan penyajian informasi strategi pemasaran produk pada PT.COLUMBIA yang meliputi 4P,yaitu: Produk,Harga,Saluran distribusi dan strategi promosi dalam meningkatkan usahanya.

Tujuan Penulisan
Tujuan dari  penelitian karya ilmiah ini adalah untuk mengumpulkan data-data sebagai bahan penulisan ilmiah, yaitu :
  1. Untuk mengetahui strategi pemesaran yang digunakan  PT.COLUMBIA.
  2. Untuk mengetahui  sejauh mana keberhasilan strategi pemasaran dalam usaha meningkatkan volume penjualan yang diterapkan oleh PT. COLUMBIA
  3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan

 Metode Penulisan
Dalam pengumpulan data untuk penyusunan penulisan ilmiah penulis menggunakan cara sebagai berikut:

1.      Studi kepustakaan
Yang meliputi daftar bacaan yang menjadi sumber inspirasi dalam melakukan penulisan ini. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk memperdalam teori yang ada kaitanya  dengan pokok-pokok pembahasan dan permasalahan dalam penelitian ini yaitu dengan membaca buku,majalah, dan sebagainya.
2.      Studi Lapangan
Dalam hal ini penulis mengadakan penelitian langsung di PT.COLUMBIA adapun teknik pengumpulan data yang digunakan :
a.       Wawancara,ini diperlukan dalam rangka melengkapi data dengan mengajukan pertanyaan kepada Manajer Pemasaran dan Karyawan PT.COLUMBIA.
b.      Observasi,yaitu pengamatan secara langsung untuk melengkapi data yang dibutuhkan terhadap objek penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar