1.1
Latar Belakang Masalah
Sejak
zaman dahulu, manusia sudah mengenal apa itu jual-beli. Manusia sejak dulu
sudah aktif dalam berdagang. Walaupun dulu berdagang hanya dilakukan dengan
proses barter lalu lambat laun sudah menggunakan suatu alat tukar yang pada
saat ini disebut dengan uang. Sejak dahulu para pedagang pun sudah mempunyai
trik untuk menarik minat para pembelinya. Para pedagang berlomba-lomba agar
para pembeli melirik barang dagangannya.
Seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini perdagangan sudah semakin luas dan
sudah semakin modern. Banyak perusahaan-perusahaan yang bersaing untuk
mengembangkan usahanya. Salah satu cara untuk memajukan perusahaan adalah
dengan strategi pemasaran yang baik dan efektif serta efesien. Penentuan
strategi ini sangat erat hubunganya dengan tujuan yang telah ditentukan oleh
perusahaan serta sangat menentukan dalam pemilihan taktik yang digunakan untuk
melaksanakan strategi pemasaran tersebut agar tujuan perusahaan tercapai.
Secara umum tujuan dari perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang maksimum
sehingga perusahaan dapat terus berkembang. Pernerapan strategi pemasaran dalam
perusahaan sangat berpengaruh dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan, sebab
dalam penerapanya posisi perusahaan dipasar potensial sangat dipengaruhi oleh
berhasil atau tidaknya strategi pemasaran yang digunakan. Hal ini juga
merupakan sumber dana bagi kelangsungan hidup perusahaan untuk terus berkembang
baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Berdasarkan dari data yang sudah disebutkan diatas dan dari ke tiga analisis
jurnal yang telah saya dapat maka saya mengambil tema yaitu “Pengaruh Strategi
Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan”
1.2
Perumusan Masalah
Strategi
pemasaran dalam sebuah perusahaan memang berbeda-beda. Tapi setidaknya kita
bias menemukan salah satu kemiripan dalam strategi pemasaran tersebut. Dari ke
tiga perusahaan yang saya analisis, terdapat pertanyaan – pertanyaan berikut
ini :
- Bagaimana strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh ke tiga perusahaan tersebut?
- Sejauh manakah peranan strategi pemasaran terhadap volume penjualan pada ke tiga perusahaan tersebut ?
- Apakah strategi pemasaran yang dilakukan oleh ke tiga perusahaan tersebut berhasil memperoleh keuntungan yang diinginkan?
1.3
Tujuan
- Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh ke tiga perusahaan tersebut
- Untuk mengetahui sejauh mana peranan strategi pemasaran terhadap volume penjualan pada ke tiga perusahaan tersebut
- Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh ke tiga perusahaan tersebut memperoleh keuntungan yang diinginkan
1.4
Kerangka Pemikiran
Menurut
penelitian yang telah saya amati dari ke tiga jurnal diatas, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut :
Salah satu
senjata bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan pasar adalah dengan
menerapkan sistem Strategi pemasaran, karena pada dasarnya strategi
pemasaran adalah mencari kecocokan kemampuan internal perusahaan dengan
peluang eksternal yang ada di pasar, ini merupakan tanggung jawab dari
bagian pemasaran untuk menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan
segmen pasar yang akan dituju oleh produk yang akan diluncurkan di
pasaran. PT. Sun Life Financial Indonesia sebagai salah satu
perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi dengan persaingan yang ketat,
maka PT. SLFI harus dapat menciptakan kemampuan bersaing baik dalam hal
jenis produk, harga maupun segmen yang dituju.
Dalam
memasarkan produk sandal khususnya sandal imitasi dan sandal kulit, PT. Arizona
menerapkan strategi-strategi pemasaran yang digunakan sebagai berikut yaitu
strategi produk, strategi penetapan harga, strategi saluran distribusi dan
strategi promosi. Selain dapat mengetahui strategi pemasaran yang dipakai,
penulis juga dapat mengetahui tingkat penjualan produk sandal yang diperoleh
PT. Arizona mulai tahun 1998 sampai dengan tahun 2002. Pada pertengahan tahun
1999 sampai dengan tahun 2002 hasil penjualan produk sandal meningkat secara
bertahap, sebab pada tahun 1998 PT. Arizona terkena dampak krisis ekonomi yang
melanda Indonesia.
Guna
mencapai tujuan tersebut perlu melaksanaan kegiatan pemasaran yang efektif dan
efisien. Melalui penerapan strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh perusahaan
melalui strategi produk, harga, distribusi dan promosi. Oleh karena itu
perusahaan harus tahu bagaimana dan berapa banyak produk yang dijual agar
memperoleh keuntungan yang maksimal dari hasil penjualanya,karena apabila suatu
perusahaan akan menjual produknya kepada konsumen tampa memperkirakan jumlah
produk yang dijual dan memperkirakan laba yang akan diterima maka hasil yang
ingin dicapai belum tentu maksimal. PT.Columbia yang dibatasi pada masalah
volume penjualan dan perhitungan sewa beli, adapun metode yang digunakan untuk
memperoleh data yaitu Field Reseach dan Library Reseach.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar