Rabu, 23 Januari 2013

Bab 1


PENDAHULUAN



1.1.    LATAR BELAKANG
Didalam dunia usaha terutama pada masa era globalisasi saat ini setiap pengusaha pasti sangat membutuhkan cara memasarkan produknya dan hal ini sangat dibutuhkan terutama bagi perusahaan yang bergerak dibidang  usaha yang menghasilkan barang dan jasa, dan hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang berskala besar maupun kecil. Oleh sebab itu penting sekali bagi perusahaan untuk dapat menentukan strategi dan langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh guna mempertahankan, memajukan dan juga meningkatkan usahanya baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, dan dalam hal ini pihak manajemen lah yang berperan penting dalam memilih dan menetapkan strategi yang cocok untuk perusahaan.
Oleh karena hal tersebut banyak sekali perusahaan yang usahanya hanya berfokus untuk  dapat memuaskan para konsumennya saja. dan itu bertujuan agar produknya tidak ditinggal oleh pelanggan, dan akhirnya segala  kegiatan usaha dinilai dari sejauh mana  kegiatan tersebut dapat memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan para pelanggannya. Akibatnya segala kegiatan usaha  yang tidak memiliki nilai tambah bagi kepuasan konsumen jika perlu tiadakan saja.
Pada CV. Robbani Press itu semua berbeda sebab perusahaan ini bergerak dalam penerbitan buku-buku Islam, dan tidak hanya itu perusahaan ini juga memiliki pangsa pasar yang luas, dan CV Robbani Press juga memiliki potensi yang cukup besar untuk berkembang terlihat dari besar nilai penjualannya.Pada awal pendiriannya CV.Robbani Press mengunakan sistem manajemen kekeluargaan, dan hal tersebut membuat CV.Robbani Press sulit untuk  mengembangkan usahanya. Hingga pada tahun 2000 CV. Robbani Press mulai dapat membenahi masalahnya. Dan akhirnya CV. Robbani Press pun memiliki sejumlah pesaing-pesaing yang pangsa pasar sejenis.
Oleh sebab itu penulis tertarik untuk memilih topik penulisan ilmiah ini yaitu “   PEMILIHAN STRATEGI BERSAING DENGAN BANTUAN ANALISA SWOT GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN DAN PENGEMBANGAN USAHA PADA CV.ROBBANI PRESS”

1.2.    PERUMUSAN MASALAH
  1. Jenis strategi bersaing apakah yang dapat digunakan oleh CV. ROBBANI PRESS.
  2. Jenis strategi bersaing apakah yang sebaiknya digunakan CV. ROBBANI PRESS berdasarkan analisis SWOT.
1.3.    BATASAN MASALAH

Dalam penulisan Ilmiah ini penulis membatasi masalah tentang biaya penjualan 7 bulan terakhir tahun 2003 dan strategi bersaing berdasarkan analisa SWOT.

1.4.    TUJUAN PENULISAN

Dalam penulisn ilmiah ini tentunya mempunyai suatu tujuan yang jelas dan sesuai dengan yang diharapkan,tujuan penelitian ini adalah untuk :
1.      Mengetahui jenis strategi bersaing pada CV. ROBBANI PRESS.
2.      Mengetahui strategi bersaing yang sebaiknya digunakan CV.ROBBANI PRESS berdasarkan analisa SWOT.

1.5.    METODE PENELITIAN
Dalam hal penulisan ilmiah ini penulis menggunakan dua buah metode penelitian :


1.      Studi pustaka
Yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan cara mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan topik dalam penulisan ilmiah ini

2.      Studi lapangan    
Yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan cara mendatangi objek penelitian untuk melakukan wawancara dengan pihak-pihak terkait yang ada dalam perusahaan tersebut.
1.6.    SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan ini terdiri dari lima bab dengan susunan sebagai berikut :

BAB I.        PENDAHULUAN
Pada bab ini berisikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah , batasan masalah , tujuan penelitian dan sistematika penulisan

BAB II.       LANDASAN TEORI
Pada bab ini menjelaskan pengertian dari manajemen pemasaran, manajemen stategi, dan juga proses perumusan strategi perusahaan dan memberikan dasar-dasar analisa struktur industri dan pesaing.

BAB III.     GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam bab ini diuraikan mengenai sejarah berdirinya perusahaan, struktur organisasi perusahaan dan kegiatan perusahaan.


BAB IV.     PEMBAHASAN
Bab ini berisikan tentang inti penulisan ilmiah, yakni tentang analisis strategi perusahaan yang diterapkan pada CV. Robbani Press. Dari hasil analisa tersebut akan diambil suatu pemecahan menggunakan analisa SWOT.

BAB V.       PENUTUP
                            Kesimpulan dan saran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar