PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Didalam dunia usaha terutama pada
masa era globalisasi saat ini setiap pengusaha pasti sangat membutuhkan cara
memasarkan produknya dan hal ini sangat dibutuhkan terutama bagi perusahaan
yang bergerak dibidang usaha yang
menghasilkan barang dan jasa, dan hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang
berskala besar maupun kecil. Oleh sebab itu penting sekali bagi perusahaan
untuk dapat menentukan strategi dan langkah-langkah apa saja yang harus
ditempuh guna mempertahankan, memajukan dan juga meningkatkan usahanya baik
dalam jangka pendek maupun jangka panjang, dan dalam hal ini pihak manajemen
lah yang berperan penting dalam memilih dan menetapkan strategi yang cocok
untuk perusahaan.
Oleh karena hal tersebut banyak sekali perusahaan yang usahanya hanya
berfokus untuk dapat memuaskan para
konsumennya saja. dan itu bertujuan agar produknya tidak ditinggal oleh
pelanggan, dan akhirnya segala kegiatan
usaha dinilai dari sejauh mana kegiatan tersebut
dapat memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan para pelanggannya. Akibatnya segala
kegiatan usaha yang tidak memiliki nilai
tambah bagi kepuasan konsumen jika perlu tiadakan saja.
Pada CV. Robbani Press itu semua
berbeda sebab perusahaan ini bergerak dalam penerbitan buku-buku Islam, dan
tidak hanya itu perusahaan ini juga memiliki pangsa pasar yang luas, dan CV
Robbani Press juga memiliki potensi yang cukup besar untuk berkembang terlihat
dari besar nilai penjualannya.Pada awal pendiriannya CV.Robbani Press
mengunakan sistem manajemen kekeluargaan, dan hal tersebut membuat CV.Robbani
Press sulit untuk mengembangkan
usahanya. Hingga pada tahun 2000 CV. Robbani Press mulai dapat membenahi
masalahnya. Dan akhirnya CV. Robbani Press pun memiliki sejumlah pesaing-pesaing
yang pangsa pasar sejenis.
Oleh sebab itu penulis tertarik
untuk memilih topik penulisan ilmiah ini yaitu “ PEMILIHAN STRATEGI BERSAING DENGAN BANTUAN ANALISA SWOT GUNA
MENINGKATKAN PENJUALAN DAN PENGEMBANGAN USAHA PADA CV.ROBBANI PRESS”
1.2. PERUMUSAN MASALAH
- Jenis strategi bersaing apakah yang dapat digunakan oleh CV. ROBBANI PRESS.
- Jenis strategi bersaing apakah yang sebaiknya digunakan CV. ROBBANI PRESS berdasarkan analisis SWOT.
1.3. BATASAN MASALAH
Dalam penulisan Ilmiah ini penulis
membatasi masalah tentang biaya penjualan 7 bulan terakhir tahun 2003 dan
strategi bersaing berdasarkan analisa SWOT.
1.4. TUJUAN PENULISAN
Dalam
penulisn ilmiah ini tentunya mempunyai suatu tujuan yang jelas dan sesuai
dengan yang diharapkan,tujuan penelitian ini adalah untuk :
1.
Mengetahui jenis strategi
bersaing pada CV. ROBBANI PRESS.
2.
Mengetahui strategi bersaing
yang sebaiknya digunakan CV.ROBBANI PRESS berdasarkan analisa SWOT.
1.5. METODE PENELITIAN
Dalam hal penulisan ilmiah ini
penulis menggunakan dua buah metode penelitian :
1.
Studi pustaka
Yaitu suatu metode penelitian yang
dilakukan dengan cara mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan topik dalam
penulisan ilmiah ini
2.
Studi lapangan
Yaitu suatu metode penelitian yang
dilakukan dengan cara mendatangi objek penelitian untuk melakukan wawancara
dengan pihak-pihak terkait yang ada dalam perusahaan tersebut.
1.6. SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika
penulisan ini terdiri dari lima
bab dengan susunan sebagai berikut :
BAB I. PENDAHULUAN
Pada bab ini berisikan tentang latar belakang masalah,
perumusan masalah , batasan masalah , tujuan penelitian dan sistematika
penulisan
BAB II. LANDASAN TEORI
Pada bab ini menjelaskan pengertian dari manajemen pemasaran,
manajemen stategi, dan juga proses perumusan strategi perusahaan dan memberikan
dasar-dasar analisa struktur industri dan pesaing.
BAB III. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam bab ini diuraikan mengenai sejarah berdirinya
perusahaan, struktur organisasi perusahaan dan kegiatan perusahaan.
BAB IV. PEMBAHASAN
Bab ini berisikan tentang inti penulisan ilmiah, yakni
tentang analisis strategi perusahaan yang diterapkan pada CV. Robbani Press.
Dari hasil analisa tersebut akan diambil suatu pemecahan menggunakan analisa
SWOT.
BAB V. PENUTUP
Kesimpulan dan saran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar