PEMBAHASAN
4.1 FORMULASI
STRATEGI BERSAING
Pada bulan Juni 2003 CV.Robbani
Press terlihat mulai mengalami peningkatan pada sektor penjualan, hal ini
disebabkan banyaknya permintaan pasar dan perkembangan distributor yang kian semakin
luas, untuk menghadapi sesuatu yang tidak diharapkan perusahaan harus lebih teliti dalam melakukan
evaluasi pada langkah-langkah yang telah ditentukan. Dengan begitu akan memungkinkan
muncul alternatif baru yang berguna untuk meningkatkan penjualan dalam
menghadapi pesaing pada pangsa pasar sejenis.
Bila dilihat uraian diatas berarti
telah membuktikan adanya persaingan kompetitif diantara penerbit buku-buku
Islam, oleh karena itu sudah seharusnya CV.Robbani Press melakukan pembenahan
baik pada ruang lingkup internal maupun eksternal perusahaan. Maka sebaiknya
ada strategi yang harus diterapkan baik pada ruang lingkup internal maupun eksternal, diantara sebagai
berikut :
1. Ruang
Lingkup Internal
·
Pada struktur organisasi pada
CV.Robbani Press terlihat adanya pengandaaan tugas yaitu pada posisi General
Manajer dengan Manajer Sdm dan juga Manajer Produksi dengan Manajer Penerbitan,
sebenarnya penggandaan tugas ini tidak perlu terjadi, hal ini membuktikan
kurangnya perusahaan dalam memperhatikan struktur organisasinya.
·
Penggandaan tugas seperti ini
dalam perusahaan harus segera di tuntaskan karena bila dibiarkan akan berdampak
tidak baik bagi perusahaan, oleh sebab itu dalam perusahaan sebaiknya
ditanamkan prinsip the right man on the right place.
·
Dari awal berdirinya, perusahaan
menggunakan strategi pemusatan pada daya saing, perluasan distribusi dan
penganekaragaman jenis buku yang diterbitkan. Bila dilihat strategi yang
digunakan perusahaan sama dengan strategi yang digunakan pesaing lainnya, oleh
karena itu sebaiknya perusahaan mencoba untuk menggunakan strategi yang lain
seperti strategi yang difokuskan pada daya saing, penjualan atau harga.
2. Ruang
Lingkup Eksternal
·
Lokasi pasar yang strategis dan
mudah dijangkau, produk-produk yang berbobot dan distribusi yang baik. Hal ini
seharusnya sudah diterapkan oleh perusahaan jika ingin memperluas pangsa pasar
dan meningkatkan volume penjualan.
·
Terjalinnya komunikasi yang
baik antara pihak perusahaan dengan pelanggan sangat diperlukan karena dengan
begitu perusahaan akan lebih mengerti apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
·
Dalam mempromosikan produknya
perusahaan selama ini hanya mengunakan media cetak (tabloid, majalah, Koran dan
spanduk) dan sudah seharusnya perusahaan mencoba dengan media elektronik
(radio,televisi,internet) dengan begitu akan banyak para konsumen yang lebih
mengenal produk yang ditawarkan perusahaan.
4.2
PEMILIHAN STRATEGI BERSAING
Direktur Utama, General Manajer dan Manajer
(Pemasaran, Keuangan, Produksi, Sdm, Penerbitan) mereka adalah pihak-pihak yang
terlibat dalam proses perumusan strategi perusahaan, pada CV.Robbaini
Press telah terbentuk Tim yang akan bertanggung jawab dalam menentukan tujuan
perusahaan dan juga yang merumuskan strategi guna mencapai tujuan tersebut.
Dalam tim ini Direktur utama sebagai
ketua dan ia bertanggung jawab untuk mendefinisikan bisnis perusahaan, serta mencari
peluang-peluang usaha yang dapat diraih serta menentukan pasar yang akan
menjadi target. Akan tetapi Tim harus mengetahui kelemahan dan kekuatan yang
dimiliki perusahaan.
Dengan terbentuknya Tim ini sangat
berdampak positif bagi kemajuan perusahaan, karena melibatkan struktur
organisasi yang terkait, dengan begitu dapat terlihat kondisi perusahaan
sebenarnya, sehingga masalah perusahaan yang ada dapat cepat diselesaikan, dan
penentuan tujuan perusahaan cepat tercapai dengan kesepakatan bersama.
Pada uraian sebelumnya Perusahaan
telah mengunakan dua pilihan strategi yang dapat digunakan yakni strategi cost
leadership dan strategi diferensiasi.
a.
Strategi Cost Leadership
Strategi ini sebagai jawaban atas
desakan konsumen yang sensitif akan harga, bagi konsumen strategi ini juga
memberikan jawaban atas keinginan mendapatkan produk yang bernilai sesuai
dengan nilai ekonomis yang dikeluarkan, strategi ini juga mengurangi dorongan pembeli
dalam menawar harga yang ditawarkan, dengan begitu perusahaan dapat bertahan
dari pesaing baru.
b.
Strategi Diferensiasi
Strategi ini memberikan kebebasan kepada
konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan keinginannya, dan strategi ini
sesuai dengan perusahaan yang memiliki segmen pasar beragam, sehingga dengan
strategi ini perusahaan mempu memenuhi kebutuhan konsumen.
4.3
ANALISIS DAN DIAGNOSIS BERSAING
Dalam menghadapi situasi yang sering
berubah-ubah perusahaan harus lebih tangkas dalam membacanya oleh karena itu
perusahaan harus memperhatikan
dua faktor lingkungan yang ada yaitu lingkungan internal dan lingkungan
esternal perusahaan.
1. Lingkungan Internal
Analisa pada lingkungan internal
perusahaan dapat memberikan informasi posisi kekuatan dan kelemahan yang
dimiliki perusahaan sehingga dapat digunakan untuk menghadapi para persaingan.
Faktor lingkungan internal yang ada terdiri dari :
Ø Pemasaran
Tingginya volume penjualan pada
suatu perusahaan tergantung bagaimana strategi pemasaran yang dipakai oleh
perusahaan tersebut. Apabila strategi yang digunakan perusahaan cukup baik maka
perusahaan akan mendapatkan laba atau keuntungan dengan begitu kelangsungan
hidup perusahaan akan lebih baik. Ada
dua langkah pemasaran yang dilakukan oleh CV.Robbani press yaitu :
a.
Pemasaran Aktif
Pemasaran ini dilaksanakan pada saat
adanya acara pameran atau bedah buku
yang dimana pihak perusahaan menempatkan tenaga penjual yang telah memahami isi
buku yang dijual dan ia juga menguasai tehnik pemasaran dengan baik. .
b.
Pemasaran Pasif
Pemasaran
ini dilaksanakan dengan cara mengiklankan perusahaan pada tabloid maupun Koran
harian,radio, internet. Lalu bagian pemasaran menunggu telepon dari konsumen atau
konsumen datang langsung pada kantor redaksi..
.
Berbagai
macam buku telah CV.Robbani Press terbitkan, daftar buku-buku tersebut ada pada
lampiran 1 dan untuk memudahkan dalam menganalisisnya, penulis mengambil 5 data
buku yang mempunyai penjualan tertinggi pada 7 bulan terakhir pada tahun 2003,
dan kelima judul buku tersebut ada pada tabel dibawah ini :
Tabel 1. Nilai penjualan buku CV. Robbani
Press
|
JENIS BUKU
|
PENJUALAN (DALAM JUTAAN
Rp)
BULAN JUNI – DESEMBER 2003
|
|
||||||
JUN
|
JUL
|
AGT
|
SEP
|
OKT
|
NOV
|
DES
|
|||
1.
|
DEEP
THINKING
|
6
|
6.1
|
9.1
|
5.9
|
7.2
|
6.2
|
6.3
|
|
2.
|
MENSUCIKAN
JIWA
|
21.9
|
22.2
|
15.2
|
32.6
|
31.9
|
30.2
|
28.3
|
|
3.
|
KETIADAAN
WAKTU
|
3.5
|
4.5
|
10.3
|
3.2
|
8.1
|
9.1
|
6.4
|
|
4.
|
TERAPI
KECEMASAN
|
2.9
|
2.8
|
4.5
|
2.3
|
4.2
|
3.4
|
2.8
|
|
5.
|
TARBIYAH
RUHIYAH
|
2.8
|
3.2
|
5.5
|
2.5
|
5.1
|
3.9
|
4.2
|
|
|
TOTAL
PENJUALAN
|
37.1
|
38.8
|
44.6
|
46.5
|
56.5
|
52.8
|
48
|
Sumber : Bagian Pemasaran CV.
Robbani Press Jakarta.
Hasil angka diatas
diperoleh dengan cara mengalikan jumlah buku yang terjual dengan harga buku
perunitnya. Harga buku-buku tersebut yaitu: Bagaimana Seorang Muslim
Berfikir/Deep Thinking Rp. 13.500, Mensucikan Jiwa Rp. 56.000, Ketiadaan Waktu
& Realitas Takdir Rp. 17.000, Terapi Mengatasi Kecemasan Rp. 9.000, Tarbiyah
Ruhiyah Rp. 11.000. Sedangkan jumlah buku yang terjual tiap bulannya terdapat
pada lampiran 1.
Dari data tabel diatas
dapat diuraikan tentang perhitungan kenaikan atau penurunan volume penjualan :
1. Bulan Juni-Juli 2003
Rp. 38.800.000 –
37.100.000 = Rp. 1.700.000
Dihitung dalam
persentase maka tingkat kenaikannya :
1.700.000 x 100% = 4.5 = 0.045 %
37.100.000
Diperiode ini
volume penjualan mengalami kenaikan sebesar 4.5 %, Hal ini disebabkan perusahaan
menyelengarakan promosi dengan mengadakan bazaar pada keliling yang diadakan
pada Universitas Islam di Jakarta. Dan judul buku yang paling banyak diminati yaitu
“Mensucikan Jiwa”
2. Bulan Juli-Agustus 2003
Rp. 44.600.000 –
Rp. 38.800.000 = Rp. 5.800.000
Dihitung dalam
persentase maka tingkat kenaikannya:
Rp. 5.800.000 x 100% = 14.9
= 0.149 %
Rp. 38.800.000
Diperiode
ini volume penjualan kenaikan sebesar 14.9 %. Peningkatan ini disebabkan banyaknya
permintaan buku dari pihak-pihak Universitas yang telah dikunjungi perusahaan
untuk melakukan bazaar kembali, dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia 17
agustus 2003.
3. Bulan
Agustus-September 2003
Rp. 46.500.000 – Rp. 44.600.000 =
Rp. 1.900.000
Dihitung dari persentase maka tingkat
kenaikannya:
Rp. 1.900.000 x 100 % = 4.2 = 0.042%
Rp. 44.600.000
Diperiode ini volume penjualan
mengalami kenaikan yang lebih sedikit dibandingkan periode sebelumnya sebesar 4.2
%, hal ini dikarenakan banyaknya permintaan konsumen akan pemesanan buku-buku
islam untuk acara bazaar pada Isra
Mi’raj bulan september 2003, dan
perusahaan juga menyelengarakan bazaar yang bertempat didepan kantor redaksi, dan
pada bazaar tersebut buku “Mensucikan Jiwa” terjual 24 buah x 56.000 = Rp.1.344.000
4. Bulan September-Oktober 2003
Rp. 56.500.000 – Rp. 46.500.000 = Rp.
10.000.000
Dihitung dalam persentase maka tingkat
kenaikannya:
Rp. 10.000.000
x 100% = 21.5 = 0.215 %
Rp. 46.500.000
Diperiode ini volume penjualan mengalami
kenaikan yang signifikan sebesar 21.5 %, hal ini dikarenakan banyaknya
permintaan buku oleh toko-toko buku besar di Jakarta dalam menyambut bulan suci
ramadhan,permintaan ini disebabkan larisnya penjualan buku-buku islam sehingga
mereka tidak memiliki persedian barang.
5. Bulan Oktober-November 2003
Rp. 52.800.000 – Rp. 56.500.000 = -
Rp.3.700.000
Dihitung dalam persentase maka tingkat
penurunannya:
- Rp. 3.700.000 x 100% = - 6,5 = -0.065 %
Rp. 56.500.000
Pada periode ini volume penjualan mengalami
penurunan sebesar 6.5 %.hal ini disebabkan pelaksanaan strategi yang kurang
matang tanpa didukung oleh sumber daya manusia yang memada, hingga terjadinya
pembajakan buku “Mensucikan Jiwa “. Dengan begitu perusahaan harus meningkatkan
Sumber daya manusia agar dapat bersaing dengan penerbit lainnya
6. Bulan November-Desember 2003
Rp.
48.000.000 – Rp. 52.800.000 = - Rp. 4.800.000
Dihitung
dalam persentase maka tingkat penurunannya:
-
Rp. 4.800.000 x 100% = - 9 = 0.09 %
Rp. 52.800.000
Pada periode ini volume penjualan
mengalami penurunan yang signifikan sebesar -9 persen. Hal ini disebabkan pihak
perusahaan memproduksi sedikit buku dengan mengeluarkan model hologram baru,
dengan maksud agar pembajakan pada bulan lalu tidak terulang kembali dan mencoba
untuk menerapkan strategi perluasan operasi penjualan guna terciptanya pangsa
pasar baru guna menciptakan peluang dengan menawarkan produk perusahaan. dengan
tujuan meminimalkan penurunan penjualan.
Dari
data-data penjualan diatas, dapat diketahui bahwa Strategi yang selama ini
digunakan perusahaan
harus lebih ditingkatkan. Dan dengan adanya ancaman dari para pesaing maka
perusahaan harus meningkatkan sistem manejerial baik dari segi internal maupun
eksternal dan juga didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas.
Ø Pelayanan
Pada perusahaan jasa maupun
barang pelayanan merupakan salah satu hal terpenting, karena dengan memberikan pelayanan
yang baik maka konsumen akan merasa puas, dan hal ini telah diterapkan oleh
CV.Robbani Press sejak dulu, baik dalam kegiatan pameran, bedah buku, maupun
kunjungan pada distributor maupun toko buku. Dan hal ini selalu mendapat
tanggapan yang baik, dengan begitu pelayanan yang di berikan perusahaan sudah cukup
baik dan perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi sebagai nilai tambah
perusahaan.
4.4 PEMECAHAN MASALAH DENGAN ANALISA SWOT
Dalam menyelesaikan suatu permasalahan
dalam perusahaan sebaiknya perlu melakukan identifikasi terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada pada
perusahaan dengan begitu dapat mengetahui kondisi sebenarnya pada perusahaan.dan
ini adalah uraian dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki
perusahaan :
1.
Kekuatan (Stregths)
Kekuatan-kekuatan internal yang dimiliki pada perusahaan
saat ini adalah :
a.
Memiliki, Desain, dan Kualitas
buku serta tekhnikal cetak yang baik.
Dalam memproduksi bukunya, perusahaan selalu berupaya
menciptakan produk yang berkualitas dan upaya yang dilakukan perusahaan
dalam percetakannya mengunakan kertas dan tinta yang berkualitas baik untuk
dipakai pada isi dan halaman serta desain pada cover depan.dan perusahaan juga
memiliki kelebihan dalam tekhnikal cetak yang baik sehingga dapat menghasilkan
barang yang berkualitas.
b.
Memiliki Bahasa yang
Komunikatif.
Dalam penyajiannya buku
yang dihasilkan perusahaan memiliki keunggulan gaya bahasa yaitu lebih mudah untuk dipahami
oleh pembaca, dan hukum-hukum hadist yang digunakan lebih baik, berarti ini
menunjukan perusahaan memiliki kekuatan dalam keunggulan produk hal itu
terlihat dengan meningkatnya permintaan
untuk cetak ulang pada beberapa buku seperti “Mensucikan jiwa”.
c.
Memiliki pegawai yg terampil, berpengalaman dan berdedikasi
tinggi pada pekerjaan.
Pada perusahaannya CV.Robbani Press
memiliki pegawai yang berdedikasi tinggi pada pekerjaan dan itu sangat membantu
sekali dalam lajunya perkembangan perusahaan dan semua ini tercapai berkat
pengelolaan sdm yang baik pada perusahaan.
2.
Kelemahan (weaknesses)
Kelemahan-kelemahan
yang dimiliki oleh perusahaan
pada saat ini adalah :
a.
Posisi Keuangan yang lemah
Pada
awal berdirinya CV.Robbani Press menggunakan modal sendiri tanpa meminjam modal
dari pihak bank, hingga pada awal menjalankan usaha mengalami kendala permodalan.dan
tambah lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar sehingga biaya produksi naik
dan tidak stabil, untuk menjaga hal tersebut tidak terjadi lagi maka sebaiknya
perusahaan memperhatikan keuangan perusahaan.
b.
Lemahnya Sistem Manajerial
Terjadinya kesalahan
pada penentuan harga ,pencatatan harga serta pengaturan tata letak barang,
hingga kurangnya fungsi pelayanan, dan adanya pengandaan tugas antara General
Manajer dengan Manajer SDM serta Manajer Produksi dan Manajer Penerbitan, hal
seperti ini seharusnya diperhatikan oleh perusahaan dan sebaiknya dalam setiap
jabatan sebaiknya diipegang satu orang saja, terjadinya hal ini membuktikan lemahnya
sistem manajerial perusahaan, oleh karena itu sebaiknya perusahaan melakukan
pembenahan pada sistem manajerial agar kesalahan-kesalahan seperti ini tidak
terulang kembali..
c.
Proses Cetak Ulang Sering
Terlambat
Dalam proses cetak ulang perusahaan sering sekali mengalami
keterlambatan hal itu biasanya disebabkan meningkatnya permintaaan cetak ulang
yang tidak didukung oleh permodalan yang memadai, bila kondisi ini tidak cepat
dibanahi maka.akan dapat membahayakan kelangsungan usaha. Dengan begitu perusahaan
sebaiknya mengajukan kredit pada pihak bank untuk tambahan modal yang ada bila
dibutuhkan.
3.
Peluang (Opportunities)
Peluang-peluang yang dimiliki perusahaan pada saat ini adalah :
a. Beragamnya Jenis Buku yang
Dihasilkan
Dalam produksinya CV.Robbani Press menerbitkan beragam jenis buku, hal itu dilakukan agar
konsumen dapat memilih jenis bacaan yang sesuai dengan kebutuhannya. Dan produk
yang dihasilkan di tujukan untuk kalangan masyarakat, umum, mahasiswa, hingga
anak-anak. Dengan begitu ini merupakan peluang yang baik bagi perusahaan.
b. Kantor
Pemasaran yang strategis
Letak
kantor pemasaran /redaksi yang dimiliki perusahaansangatlah strategis dan mudah
dijangkau dari wilayah manapundiJakarta , dikatakan dapat dijangkau karena
penempatannyatepat dipinggir jalan raya, dan juga memiliki arel parkir yang
cukup luas.
c.
Jaringan Distribusi yang Luas
Banyaknya jaringan distributor yang dimiliki oleh perusahaan
baik di kota
maupun luar kota,
hal ini merupakan kesempatan peluang bagi perusahaan untuk mengembangkan usaha
d.
Memiliki Pelanggan tetap.
Perusahaan
memiliki pembaca yang sangat loyal terhadap buku-buku yang diterbitkan, hal ini
didukung oleh faktor kepercayaan konsumen terhadap kualitas buku yang di
hasilkan oleh CV. Robbani Press yang senantiasa mengutamakan kebutuhan
pelanggan melalui penciptaan buku pemikiran dan pergerakan Islam.
e.
Tingginya kebutuhan masyarakat
akan pengetahuan agama
islam.
Dengan dianjurkanya budayakan membaca
hal tersebut membuat sebagian masyarakat tersadar akan kebutuhan informasi
tentang pengetahuan agama islam sangat terlihat sekali dan itu terbukti dengan
banyaknya buku-buku yang terjual pada toko buku besar, hal tersebut merupakan
peluang bagi perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan yang dimiliki
perusahaan.
4.
Ancaman (Threats)
Ancaman yang di miliki perusahaan pada saat ini
adalah :
a. Pesaing Baru
Dengan munculnya pesaing baru akan
menyebabkan semakin menyempitnya pangsa pasar bagi pemain lama dan juga
bertambah tingginya tingkat persaingan antara penerbit, dan hal-hal tersebut
akan adanya persaing yang lebih kompetitif dan itu juga merupakan ancaman bagi
perusahaan.
b.
Pembajakan Buku
Pembajakan buku banyak terjadi selama
ini, dan itu sangat merugikan perusahaan penerbit, hal itu juga pernah dialami
oleh CV.Robbani Press, buku yang pernah di palsukan antara lain :“Mensucikan
Jiwa”, “Tarbiyah Ruhiyah”, “Manhaj Haroki” dan “Shiroh Nabawiyah”. Dan buku
yang paling banyak di palsukan adalah “Mensucikan Jiwa” dengan begitu
perusahaan merasa dirugikan sekali, lalu perusahaan berupaya mengatasinya yaitu
dengan cara memberikan hologram pada tiap-tiap buku yang diproduksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar