Rabu, 23 Januari 2013

Bab 4

PEMBAHASAN


4.1     FORMULASI STRATEGI BERSAING
Pada bulan Juni 2003 CV.Robbani Press terlihat mulai mengalami peningkatan pada sektor penjualan, hal ini disebabkan banyaknya permintaan pasar dan perkembangan distributor yang kian semakin luas, untuk menghadapi sesuatu yang tidak diharapkan  perusahaan harus lebih teliti dalam melakukan evaluasi pada langkah-langkah yang telah ditentukan. Dengan begitu akan memungkinkan muncul alternatif baru yang berguna untuk meningkatkan penjualan dalam menghadapi pesaing pada pangsa pasar sejenis.
Bila dilihat uraian diatas berarti telah membuktikan adanya persaingan kompetitif diantara penerbit buku-buku Islam, oleh karena itu sudah seharusnya CV.Robbani Press melakukan pembenahan baik pada ruang lingkup internal maupun eksternal perusahaan. Maka sebaiknya ada strategi yang harus diterapkan baik pada ruang lingkup  internal maupun eksternal, diantara sebagai berikut :  
1.     Ruang Lingkup Internal
·         Pada struktur organisasi pada CV.Robbani Press terlihat adanya pengandaaan tugas yaitu pada posisi General Manajer dengan Manajer Sdm dan juga Manajer Produksi dengan Manajer Penerbitan, sebenarnya penggandaan tugas ini tidak perlu terjadi, hal ini membuktikan kurangnya perusahaan dalam memperhatikan struktur organisasinya.
·         Penggandaan tugas seperti ini dalam perusahaan harus segera di tuntaskan karena bila dibiarkan akan berdampak tidak baik bagi perusahaan, oleh sebab itu dalam perusahaan sebaiknya ditanamkan prinsip the right man on the right place.
·         Dari awal berdirinya, perusahaan menggunakan strategi pemusatan pada daya saing, perluasan distribusi dan penganekaragaman jenis buku yang diterbitkan. Bila dilihat strategi yang digunakan perusahaan sama dengan strategi yang digunakan pesaing lainnya, oleh karena itu sebaiknya perusahaan mencoba untuk menggunakan strategi yang lain seperti strategi yang difokuskan pada daya saing, penjualan atau harga.
2.     Ruang Lingkup Eksternal
·         Lokasi pasar yang strategis dan mudah dijangkau, produk-produk yang berbobot dan distribusi yang baik. Hal ini seharusnya sudah diterapkan oleh perusahaan jika ingin memperluas pangsa pasar dan meningkatkan volume penjualan.
·         Terjalinnya komunikasi yang baik antara pihak perusahaan dengan pelanggan sangat diperlukan karena dengan begitu perusahaan akan lebih mengerti apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
·         Dalam mempromosikan produknya perusahaan selama ini hanya mengunakan media cetak (tabloid, majalah, Koran dan spanduk) dan sudah seharusnya perusahaan mencoba dengan media elektronik (radio,televisi,internet) dengan begitu akan banyak para konsumen yang lebih mengenal produk yang ditawarkan perusahaan.
4.2          PEMILIHAN STRATEGI BERSAING
Direktur Utama, General Manajer dan Manajer (Pemasaran, Keuangan, Produksi, Sdm, Penerbitan) mereka adalah pihak-pihak yang terlibat dalam proses perumusan strategi perusahaan, pada   CV.Robbaini Press telah terbentuk Tim yang akan bertanggung jawab dalam menentukan tujuan perusahaan dan juga yang merumuskan strategi guna mencapai tujuan tersebut.
Dalam tim ini Direktur utama sebagai ketua dan ia bertanggung jawab untuk mendefinisikan bisnis perusahaan, serta mencari peluang-peluang usaha yang dapat diraih serta menentukan pasar yang akan menjadi target. Akan tetapi Tim harus mengetahui kelemahan dan kekuatan yang dimiliki perusahaan.
Dengan terbentuknya Tim ini sangat berdampak positif bagi kemajuan perusahaan, karena melibatkan struktur organisasi yang terkait, dengan begitu dapat terlihat kondisi perusahaan sebenarnya, sehingga masalah perusahaan yang ada dapat cepat diselesaikan, dan penentuan tujuan perusahaan cepat tercapai dengan kesepakatan bersama.
Pada uraian sebelumnya Perusahaan telah mengunakan dua pilihan strategi yang dapat digunakan yakni strategi cost leadership dan strategi diferensiasi.
a.       Strategi Cost Leadership
Strategi ini sebagai jawaban atas desakan konsumen yang sensitif akan harga, bagi konsumen strategi ini juga memberikan jawaban atas keinginan mendapatkan produk yang bernilai sesuai dengan nilai ekonomis yang dikeluarkan, strategi ini juga mengurangi dorongan pembeli dalam menawar harga yang ditawarkan, dengan begitu perusahaan dapat bertahan dari pesaing baru.
b.      Strategi Diferensiasi
      Strategi ini memberikan kebebasan kepada konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan keinginannya, dan strategi ini sesuai dengan perusahaan yang memiliki segmen pasar beragam, sehingga dengan strategi ini perusahaan mempu memenuhi kebutuhan konsumen.


4.3          ANALISIS DAN DIAGNOSIS BERSAING
Dalam menghadapi situasi yang sering berubah-ubah perusahaan harus lebih tangkas dalam membacanya oleh karena itu perusahaan harus memperhatikan dua faktor lingkungan yang ada yaitu lingkungan internal dan lingkungan esternal perusahaan.
1.   Lingkungan Internal
Analisa pada lingkungan internal perusahaan dapat memberikan informasi posisi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan sehingga dapat digunakan untuk menghadapi para persaingan.
                        Faktor  lingkungan internal yang ada terdiri dari :

Ø    Pemasaran

            Tingginya volume penjualan pada suatu perusahaan tergantung bagaimana strategi pemasaran yang dipakai oleh perusahaan tersebut. Apabila strategi yang digunakan perusahaan cukup baik maka perusahaan akan mendapatkan laba atau keuntungan dengan begitu kelangsungan hidup perusahaan akan lebih baik. Ada dua langkah pemasaran yang dilakukan oleh CV.Robbani press yaitu :
a.       Pemasaran Aktif
Pemasaran ini dilaksanakan pada saat adanya acara  pameran atau bedah buku yang dimana pihak perusahaan menempatkan tenaga penjual yang telah memahami isi buku yang dijual dan ia juga menguasai tehnik pemasaran dengan baik.  .
b.      Pemasaran Pasif
   Pemasaran ini dilaksanakan dengan cara mengiklankan perusahaan pada tabloid maupun Koran harian,radio, internet. Lalu bagian pemasaran menunggu telepon dari konsumen atau konsumen datang langsung pada kantor redaksi..
            .
            Berbagai macam buku telah CV.Robbani Press terbitkan, daftar buku-buku tersebut ada pada lampiran 1 dan untuk memudahkan dalam menganalisisnya, penulis mengambil 5 data buku yang mempunyai penjualan tertinggi pada 7 bulan terakhir pada tahun 2003, dan kelima judul buku tersebut ada pada tabel dibawah ini :
      Tabel 1. Nilai penjualan buku CV. Robbani Press


JENIS BUKU
PENJUALAN (DALAM JUTAAN Rp)
BULAN JUNI – DESEMBER 2003


JUN
JUL
AGT
SEP
OKT
NOV
DES
1.
DEEP THINKING
6
6.1
9.1
5.9
7.2
6.2
6.3
2.
MENSUCIKAN JIWA
21.9
22.2
15.2
 32.6
31.9
30.2
28.3
3.
KETIADAAN WAKTU
3.5
4.5
10.3
3.2
8.1
9.1
6.4
4.
TERAPI KECEMASAN
2.9
2.8
4.5
2.3
4.2
3.4
2.8
5.
TARBIYAH RUHIYAH
2.8
3.2
5.5
2.5
5.1
3.9
4.2

TOTAL PENJUALAN
37.1
38.8
44.6
46.5
56.5
52.8
48

Sumber : Bagian Pemasaran CV. Robbani Press Jakarta.

                              Hasil angka diatas diperoleh dengan cara mengalikan jumlah buku yang terjual dengan harga buku perunitnya. Harga buku-buku tersebut yaitu: Bagaimana Seorang Muslim Berfikir/Deep Thinking Rp. 13.500, Mensucikan Jiwa Rp. 56.000, Ketiadaan Waktu & Realitas Takdir Rp. 17.000, Terapi Mengatasi Kecemasan Rp. 9.000, Tarbiyah Ruhiyah Rp. 11.000. Sedangkan jumlah buku yang terjual tiap bulannya terdapat pada lampiran 1.
                        Dari data tabel diatas dapat diuraikan tentang perhitungan kenaikan atau penurunan volume penjualan :
                        1.   Bulan Juni-Juli 2003
                              Rp. 38.800.000 – 37.100.000 = Rp. 1.700.000
                              Dihitung dalam persentase maka tingkat kenaikannya :
                              1.700.000      x 100% = 4.5 = 0.045 %
                              37.100.000
                              Diperiode ini volume penjualan mengalami kenaikan  sebesar 4.5 %, Hal ini disebabkan perusahaan menyelengarakan promosi dengan mengadakan bazaar pada keliling yang diadakan pada Universitas Islam di Jakarta. Dan judul buku yang paling banyak diminati yaitu “Mensucikan Jiwa”
                  2.   Bulan Juli-Agustus 2003
                              Rp. 44.600.000 – Rp. 38.800.000 = Rp. 5.800.000
                              Dihitung dalam persentase maka tingkat kenaikannya:
                                Rp. 5.800.000  x 100% = 14.9 = 0.149 %
                    Rp. 38.800.000
                  Diperiode ini volume penjualan kenaikan sebesar 14.9 %. Peningkatan ini disebabkan banyaknya permintaan buku dari pihak-pihak Universitas yang telah dikunjungi perusahaan untuk melakukan bazaar kembali, dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia 17 agustus 2003.
      3.   Bulan Agustus-September 2003
            Rp. 46.500.000 – Rp. 44.600.000 = Rp. 1.900.000
            Dihitung dari persentase maka tingkat kenaikannya:
                  Rp. 1.900.000  x 100 % = 4.2 = 0.042%
                  Rp. 44.600.000
            Diperiode ini volume penjualan mengalami kenaikan yang lebih sedikit dibandingkan periode sebelumnya sebesar 4.2 %, hal ini dikarenakan banyaknya permintaan konsumen akan pemesanan buku-buku islam  untuk acara bazaar pada Isra Mi’raj  bulan september 2003, dan perusahaan juga menyelengarakan bazaar yang bertempat didepan kantor redaksi, dan pada bazaar tersebut buku “Mensucikan Jiwa” terjual 24 buah x 56.000 = Rp.1.344.000
4.   Bulan September-Oktober 2003
            Rp. 56.500.000 – Rp. 46.500.000 = Rp. 10.000.000
            Dihitung dalam persentase maka tingkat kenaikannya:

              Rp. 10.000.000 x 100% =  21.5 = 0.215 %
                    Rp. 46.500.000
      Diperiode ini volume penjualan mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 21.5 %, hal ini dikarenakan banyaknya permintaan buku oleh toko-toko buku besar di Jakarta dalam menyambut bulan suci ramadhan,permintaan ini disebabkan larisnya penjualan buku-buku islam sehingga mereka tidak memiliki persedian barang.
5.   Bulan Oktober-November 2003
            Rp. 52.800.000 – Rp. 56.500.000 = - Rp.3.700.000
            Dihitung dalam persentase maka tingkat penurunannya:
                  - Rp. 3.700.000 x 100% = - 6,5 = -0.065 %
                     Rp. 56.500.000
      Pada periode ini volume penjualan mengalami penurunan sebesar 6.5 %.hal ini disebabkan pelaksanaan strategi yang kurang matang tanpa didukung oleh sumber daya manusia yang memada, hingga terjadinya pembajakan buku “Mensucikan Jiwa “. Dengan begitu perusahaan harus meningkatkan Sumber daya manusia agar dapat bersaing dengan penerbit lainnya
                        6.   Bulan November-Desember 2003
                        Rp. 48.000.000 – Rp. 52.800.000 = - Rp. 4.800.000
                        Dihitung dalam persentase maka tingkat penurunannya:
                        - Rp. 4.800.000 x 100% = - 9 = 0.09 %
                  Rp. 52.800.000
      Pada periode ini volume penjualan mengalami penurunan yang signifikan sebesar -9 persen. Hal ini disebabkan pihak perusahaan memproduksi sedikit buku dengan mengeluarkan model hologram baru, dengan maksud agar pembajakan pada bulan lalu tidak terulang kembali dan mencoba untuk menerapkan strategi perluasan operasi penjualan guna terciptanya pangsa pasar baru guna menciptakan peluang dengan menawarkan produk perusahaan. dengan tujuan meminimalkan penurunan penjualan.
            Dari data-data penjualan diatas, dapat diketahui bahwa Strategi yang selama ini digunakan perusahaan harus lebih ditingkatkan. Dan dengan adanya ancaman dari para pesaing maka perusahaan harus meningkatkan sistem manejerial baik dari segi internal maupun eksternal dan juga didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas.    

Ø  Pelayanan

                  Pada perusahaan jasa maupun barang pelayanan merupakan salah satu hal terpenting, karena dengan memberikan pelayanan yang baik maka konsumen akan merasa puas, dan hal ini telah diterapkan oleh CV.Robbani Press sejak dulu, baik dalam kegiatan pameran, bedah buku, maupun kunjungan pada distributor maupun toko buku. Dan hal ini selalu mendapat tanggapan yang baik, dengan begitu pelayanan yang di berikan perusahaan sudah cukup baik dan perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi sebagai nilai tambah perusahaan.  

4.4           PEMECAHAN MASALAH DENGAN ANALISA SWOT
          Dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam perusahaan sebaiknya perlu melakukan identifikasi terhadap kekuatan,  kelemahan, peluang dan ancaman yang ada pada perusahaan dengan begitu dapat mengetahui kondisi sebenarnya pada perusahaan.dan ini adalah uraian dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki perusahaan :
1.      Kekuatan (Stregths)
Kekuatan-kekuatan internal yang dimiliki pada perusahaan saat ini adalah :
a.       Memiliki, Desain, dan Kualitas buku serta tekhnikal cetak yang baik.
        Dalam memproduksi bukunya, perusahaan selalu berupaya menciptakan produk yang berkualitas dan upaya yang dilakukan perusahaan dalam percetakannya mengunakan kertas dan tinta yang berkualitas baik untuk dipakai pada isi dan halaman serta desain pada cover depan.dan perusahaan juga memiliki kelebihan dalam tekhnikal cetak yang baik sehingga dapat menghasilkan barang yang berkualitas.
b.      Memiliki Bahasa yang Komunikatif.
            Dalam penyajiannya buku yang dihasilkan perusahaan memiliki keunggulan gaya bahasa yaitu lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca, dan hukum-hukum hadist yang digunakan lebih baik, berarti ini menunjukan perusahaan memiliki kekuatan dalam keunggulan produk hal itu terlihat  dengan meningkatnya permintaan untuk cetak ulang pada beberapa buku seperti “Mensucikan jiwa”.
c.       Memiliki pegawai  yg terampil, berpengalaman dan berdedikasi tinggi pada pekerjaan.
Pada perusahaannya CV.Robbani Press memiliki pegawai yang berdedikasi tinggi pada pekerjaan dan itu sangat membantu sekali dalam lajunya perkembangan perusahaan dan semua ini tercapai berkat pengelolaan sdm yang baik pada perusahaan.
2.      Kelemahan (weaknesses)
Kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan pada saat ini adalah :
a.       Posisi Keuangan yang lemah
                     Pada awal berdirinya CV.Robbani Press menggunakan modal sendiri tanpa meminjam modal dari pihak bank, hingga pada awal menjalankan usaha mengalami kendala permodalan.dan tambah lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar sehingga biaya produksi naik dan tidak stabil, untuk menjaga hal tersebut tidak terjadi lagi maka sebaiknya perusahaan memperhatikan keuangan perusahaan.
b.      Lemahnya Sistem Manajerial
                        Terjadinya kesalahan pada penentuan harga ,pencatatan harga serta pengaturan tata letak barang, hingga kurangnya fungsi pelayanan, dan adanya pengandaan tugas antara General Manajer dengan Manajer SDM serta Manajer Produksi dan Manajer Penerbitan, hal seperti ini seharusnya diperhatikan oleh perusahaan dan sebaiknya dalam setiap jabatan sebaiknya diipegang satu orang saja, terjadinya hal ini membuktikan lemahnya sistem manajerial perusahaan, oleh karena itu sebaiknya perusahaan melakukan pembenahan pada sistem manajerial agar kesalahan-kesalahan seperti ini tidak terulang kembali..
c.       Proses Cetak Ulang Sering Terlambat
         Dalam proses cetak ulang perusahaan sering sekali mengalami keterlambatan hal itu biasanya disebabkan meningkatnya permintaaan cetak ulang yang tidak didukung oleh permodalan yang memadai, bila kondisi ini tidak cepat dibanahi maka.akan dapat membahayakan kelangsungan usaha. Dengan begitu perusahaan sebaiknya mengajukan kredit pada pihak bank untuk tambahan modal yang ada bila dibutuhkan.
3.      Peluang (Opportunities)
      Peluang-peluang yang dimiliki perusahaan pada saat ini adalah :
                          a.  Beragamnya Jenis Buku yang Dihasilkan
            Dalam produksinya CV.Robbani Press menerbitkan  beragam jenis buku, hal itu dilakukan agar konsumen dapat memilih jenis bacaan yang sesuai dengan kebutuhannya. Dan produk yang dihasilkan di tujukan untuk kalangan masyarakat, umum, mahasiswa, hingga anak-anak. Dengan begitu ini merupakan peluang yang baik bagi perusahaan.
b.  Kantor Pemasaran yang strategis
                        Letak kantor pemasaran /redaksi yang dimiliki perusahaansangatlah strategis dan mudah dijangkau dari wilayah manapundiJakarta , dikatakan dapat dijangkau karena penempatannyatepat dipinggir jalan raya, dan juga memiliki arel parkir yang
               cukup luas.

c.       Jaringan Distribusi yang Luas
         Banyaknya jaringan distributor yang dimiliki oleh perusahaan baik di kota maupun luar kota, hal ini merupakan kesempatan peluang bagi perusahaan untuk mengembangkan usaha
d.      Memiliki Pelanggan tetap.
Perusahaan memiliki pembaca yang sangat loyal terhadap buku-buku yang diterbitkan, hal ini didukung oleh faktor kepercayaan konsumen terhadap kualitas buku yang di hasilkan oleh CV. Robbani Press yang senantiasa mengutamakan kebutuhan pelanggan melalui penciptaan buku pemikiran dan pergerakan Islam.
e.       Tingginya kebutuhan masyarakat akan pengetahuan agama  
       islam.
Dengan dianjurkanya budayakan membaca hal tersebut membuat sebagian masyarakat tersadar akan kebutuhan informasi tentang pengetahuan agama islam sangat terlihat sekali dan itu terbukti dengan banyaknya buku-buku yang terjual pada toko buku besar, hal tersebut merupakan peluang bagi perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan yang dimiliki perusahaan.
4.      Ancaman (Threats)
Ancaman yang di miliki perusahaan pada saat ini adalah  :
                                    a.  Pesaing Baru
Dengan munculnya pesaing baru akan menyebabkan semakin menyempitnya pangsa pasar bagi pemain lama dan juga bertambah tingginya tingkat persaingan antara penerbit, dan hal-hal tersebut akan adanya persaing yang lebih kompetitif dan itu juga merupakan ancaman bagi perusahaan.
b.      Pembajakan Buku
Pembajakan buku banyak terjadi selama ini, dan itu sangat merugikan perusahaan penerbit, hal itu juga pernah dialami oleh CV.Robbani Press, buku yang pernah di palsukan antara lain :“Mensucikan Jiwa”, “Tarbiyah Ruhiyah”, “Manhaj Haroki” dan “Shiroh Nabawiyah”. Dan buku yang paling banyak di palsukan adalah “Mensucikan Jiwa” dengan begitu perusahaan merasa dirugikan sekali, lalu perusahaan berupaya mengatasinya yaitu dengan cara memberikan hologram pada tiap-tiap buku yang diproduksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar