Rabu, 23 Januari 2013

Bab 3


GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN


3.1          SEJARAH PERUSAHAAN
Begitu tingginya kesadaraan dan minat masyarakat akan buku-buku bacaan mengenai sejarah,dakwah,hingga pergerakan agama islam, hal tersebut dapat dilihat jelas dengan meningkatnya penjualan buku-buku Islam dari tahun ketahun, Oleh sebab itu CV.ROBBANI PRESS 11 Februari 1993, alasan CV.ROBBANI PRESS didirikan karena terketuknya hati Bapak Aunur Rafiq ST. LC untuk memberikan pemahaman Islam yang ditujukan untuk pembentukan pemikiran bagi umat. Bapak Aunur Rafiq ST. LC pendiri dan juga pemilik, mendirikan CV.ROBBANI PRESS dengan modal Rp.30.000.000 hal itu tanpa ada campur tangan dari pihak bank, awal berdirinya CV.ROBBANI PRESS hanya mempunyai pegawai kurang dari 15 orang dan didirikan berdasarkan akte notaris NPWP : 1937605005. hingga pada saat ini  CV.ROBBANI PRESS memiliki dua buah kantor, yaitu :
a.   Kantor Produksi / Percetakan  
Kantor ini khusus untuk memproduksi buku-buku yang akan
dicetak dan diterbitkan. Kantor ini berlokasi di Jl. Kalisari Raya No.3B Ps.Rebo JAKARTA 13790.
                  Untuk letak Kantor Produksi ini dibangun jauh dari keramaian dan kebisingan lalu lintas, hal ini dilakukan agar dapat menciptakan ketenangan dalam berkerja sehingga efisien dan efektifitas kerja dapat tercipta.
b.   Kantor Pemasaran dan Redaksi
Kantor ini sebagai tempat proses pemasaran dan sekaligus tempat penyimpanan buku sebelum di salurkan ke tangan  konsumen. Kantor ini berlokasi di Jl. Condet Raya No.27 B Batu Ampar  Jakarta 13520.
Kantor pemasaran ini dibangun pada wilayah yang strategis mungkin agar mudah dijangkau dari berbagai wilayah sehingga memudahkan dalam  proses berlangsungnya pemasaran.
CV. Robbani Press ialah perusahaan yang bergerak pada bidang distributor, penerbitan dan toko buku Islam. Jadi perusahaan ini tidak memiliki cabang-cabang di daerah-daerah, namun perusahaan berusaha menciptakan pendekatan dengan pihak distributor dan agen diberbagi daerah.
Berdirinya perusahaan ini mengalami masalah dalam manajemen sehingga perkembangan perusahaan terhambat, namun setelah di rekrutnya sumber daya manusia baru yang memiliki kemampuan memadai dibidangnya masing-masing, perusahaan pun mulai mengalami peningkatan penjualan yang signifikan.
3.2          MISI DAN TUJUAN PERUSAHAAN
CV. Robbani Press memiliki misi yaitu memberikan pemahaman Islam yang difokuskan pada pembentukan pemikiran bagi umat, khususnya umat Islam. Dan juga memberikan pemahaman serta pembekalan bagi aktivis pergerakan Islam. Dalam penyajiannya Perusahaan berusaha menyajikan buku yang mempunyai konsep pemikiran dan pergerakan kehidupan agar dapat meningkatkan dakwah Islamiyah, sehingga dapat mengetahui konsep pemikiran dan pergerakan yang sesuai di bawah koridor Islam.
CV. Robbani Press memiliki tujuan secara bertahap yaitu akan memuaskan kebutuhan dan keinginan  konsumen, sehingga dapat mendorong peningkatan laba perusahaan yang pada akhirnya mampu memberikan kesejahteraan dan manfaat maksimum kepada pemilik dan juga karyawan
Segmen pasar yang dituju oleh perusahaan dikelompokkan menjadi empat kategori yaitu mahasiswa, masyarakat umum, aktivis dakwah dan pelajar dari taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Buku-buku yang masuk dalam empat kategori diatas diantaranya adalah : “Fiqih ikhtilaf”, “Pelembut hati”, “Taqwim da’awi”, “Mengenal Allah”, “Asma’ul husna”.
Perusahaan juga memiliki pesaing yang ikut ambil bagian dalam penerbitan selama ini diantaranya adalah : Mizan (Bandung), Asy Syamil (Bandung) ,Gema Insani Press (Jakarta), Era Intermedia (Solo), I’ Thisom (Jakarta), dan Al-Kautsar (Jakarta).
3.3  STRUKTUR ORGANISASI
Dalam menetapkan struktur organisasinya CV.ROBBANI PRESS  menggunakan organisasi dan staf, yaitu organisasi yang mempunyai wewenang fungsional, memberikan  bantuan atau petunjuk. Dengan adanya struktur organisasi diharapkan tidak adanya penyimpangan dalam melakukan tugas-tugas antara karyawan yang satu dengan yang lainnya.
Ø  Kepengurusan dan Kepegawaian
Kepengurusan dan kepegawaian CV. Robbani Press dijalankan oleh satu orang Direktur Utama dan General Manajer serta terdiri dari beberapa orang manajer.
Susunan kepengurusannya adalah sebagai berikut :
1.   Direktur Utama                       : Bapak Aunur Rafiq ST. LC
2.   General Manajer                      : Ibu Iin Setiani
3.   Manajer Pemasaran                 : Bapak M. Abduh
4.   Manajer Keuangan                  : Bapak Safiri
5.   Manajer Produksi                    : Bapak Rusdi
6.   Manajer SDM                         : Ibu Iin Setiani
                  7.   Manajer Penerbitan                 : Bapak Rusdi

Gambar 3.1

Struktur Organisasi CV. Robbani Press


Direktur
 
 
 
           
 














Sumber : CV.ROBBANI PRESS

Ø  Tugas dan wewenang
- Direktur Utama :
Tugas dari Direktur Utama untuk memilih jenis strategi apa yg baik untuk perusahaan, dan ia mempunyai wewenang untuk mengetahui kondisi perusahaan serta menentukan pasar yg terbaik bagi perusahaan.
- General Manajer :
Tugas dari General Manager ini sangatlah penting karena ia membawahi manajer-manajer lainnya dan bertanggung jawab penuh kepada direktur utama jika terjadi sesuatu hal pada perusahaan, General Manajer mempunyai wewenang untuk menerima laporan dari tiap-tiap manager, mengawasi dan menegur apabila terjadi kesalahan teknis dalam pelaksanaan.
- Manajer Pemasaran :
Tugas dari Manajer Pemasaran dalam perusahaan bertanggung jawab pada pelaksanaan riset, promosi dan target penjualan. manajer pemasaran juga mempunyai tanggung jawab untuk memberikan laporan pada General Manajer tentang hasil dari penjualan tiap periodenya dan mengusulkan strategi apa yg sebaiknya digunakan oleh perusahaan.
- Manajer Keuangan :
Tugas dari Manajer Keuangan bertanggung jawab pada keluar masuknya uang kas perusahaan, dan ia juga memiliki seorang debt collector yang berfungsi untuk mengawasi jalannya transaksi pihak perusahaan hingga sampai ketangan konsumen, debt collector juga berhak untuk menagih piutang jika melebihi waktu yang telah ditetapkan perusahaan, dan hal itu sangat membantu manajer keuangan dalam menjalankan tugasnya.Manejer Keuangan juga berhak untuk meminta laporan penjualan pada Manajer Pemasaran.
- Manajer Produksi :
Tugas dari Manajer Produksi ia bertanggung jawab atas pracetak, operasi  cetak, hingga finishing dan ia bewewenang penuh dalam untuk mengatur jalannya produksi dan juga mengusulkan bahan baku yang berkualitas agar produksinya yang dihasilkan lebih baik.  
- Manajer SDM :
Tugas Manajer SDM ia bertanggung jawab pada kesejahteraan pegawai dengan begitu kinerja perusahaan berjalan dengan baik ia juga sangat berperan penting dalam suksesnya kegiatan usaha  perusahaan, Manajer Sdm mempunyai wewenang dalam penjadwalan dan penyaringan hingga penerimaan pegawai baru.

 - Manajer Penerbitan :
Tugas Manajer Penerbitan yaitu bertanggung jawab dan mengedit, menentukan perwajahan hingga desainer buku yang akan diproduksi, Manager Penerbitan mempunyai wewenang  mengawasi dalam pembuatan cover buku-buku yang baru baik dari segi isi maupun tampilan buku itu sendiri,dan ia berwewenang dalam menentukan tampilan bulu-buku baru yang akan di terbitkan 

Ø  Sumber Daya Manusia
Pada bulan Desember 2003 jumlah karyawan CV. Robbani Press sebanyak 29 Orang. terdiri dari :
Tenaga Kerja Honorer           :   5   Orang dibidang Produksi
Tenaga Kerja Tetap               :   8   Orang di bidang Produksi
  10 Orang di bidang Pemasaran
  4   Orang di bidang Penerbitan
                                                                      1   Orang di bidang Gudang
1   Orang di bidang Keuangan
Waktu kerja yaitu      :
a) Hari Senin – Kamis     : Jam 08:00 WIB Sampai Jam 17:00 WIB
b) Hari Jum’at                 : Jam 08:00 WIB Sampai Jam 17:00 WIB
Istirahat                       : Jam 12:00 WIB Sampai Jam 13:00 WIB
  Jam 11:30 Sampai Jam 13:30 WIB,
                                                              untuk sholat Jum’at

Tidak ada komentar:

Posting Komentar